Anda Harus Tahu Bentuk Kenikmatan di Alam Kubur Setelah 7 Hari Dimakamkan

Penulis Penulis | Ditayangkan 21 Mar 2018

Anda Harus Tahu Bentuk Kenikmatan di Alam Kubur Setelah 7 Hari Dimakamkan
Sumber gambar infoterdepan.com
Selain siksa kubur, Allah SWT juga menjanjikan nikmat kubur bagi hambanya yang beriman dan beramal shalih. Mereka akan diberikannya imbalannya berupa nikmat kubur dengan berbagai macam bentuknya.

Anda harus tahu, agar dapat menambah kadar keimanan kita...

Karena sesungguhnya setiap manusia akan mengalami kesudahan.

Betapa pun lezatnya dia merasakan kenikmatan hidup di dunia, betapa pun panjang umurnya, betapa pun dia memuaskan syahwat dan meneguk kenikmatan dunia, dirinya tetap akan mengalami kesudahan.

Kematian! Itulah kesudahan tersebut. Sesuatu yang tidak dapat dihindari.

Selain siksa kubur, Allah Swt. Juga menjanjikan nikmat kubur bagi hambanya yang beriman dan beramal shalih. Mereka akan diberikannya imbalannya berupa nikmat kubur dengan berbagai macam bentuknya.

Baca Juga: 6 Ruangan Rumah yang Menjadi Tempat Favorit Jin dan Solusi Pencegahannya

Berikut adalah beberapa bentuk kenikmatan dalam kubur seperti yang dikutip dari Gimana Kabarmu Setelah 7 Malam di Alam Kubur/Karya: Syarif Hidayatullah/ Penerbit: Safirah:

1. Diluaskan kuburnya, diperlihatkan tempatnya di surga, dan didatangkan orang yang sangat tampan sebagaimana yang rasulullah Saw. kabarkan dalam hadits Al-Bara:

“Maka gelarkanlah permadani dari surga, dandanilah ia dengan pakaian dari surga. Bukakanlah baginya sebuah pintu ke surga, maka sampailah padanya wangi dan keindahannya. Dilapangkan kuburnya sejauh mata memandang, kemudian datang kepadanya seorang yang tampan wajahnya, bagus pakaiannya dan wangi baunya.” HR. Ahmad dan Abu Dawud).

2. Ruhnya dikumpulkan bersama arwah orang mukmin. Ruhnya dikumpulkan bersama orang-orang beriman.

“Dari hasan dia berkata, telah bersabda Rasulullah Saw., “Apabila seorang hamba mukmin meninggal dunia, maka ruhnya bertemu dengan ruh-ruh orang yang beriman.” (HR. Hakim)

3. Diberi rizki oleh Allah Swt

Al-qur’an sendiri menyatakan bahwa orang yang mati syahid langsung mendapat nikmat kubur dan langsung lolos dari fitnah kubur. Al-qur’an menyatakan: “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhan mereka dengan mendapat rezeki.” (Q.s Ali Imran: 169).

Itulah beberapa bentuk kenikmatan kubur yang digambarkan dalam Al-qur’an dan Al-hadits di alam kubur yang akan diberikan kepada hamba-hamba Allah yang beriman dan bertakwa. Allah Swt. Maha berkuasa untuk memberikan kenikmatan dan rahmatnya bagi siapa saja. Semoga kita termasuk di antara hamba-hamba yang beriman dan beramal shaleh, ya? Aamiin.
SHARE ARTIKEL