5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pernikahan Menjadi Langgeng Selamanya

Penulis Unknown | Ditayangkan 12 Mar 2018

5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pernikahan Menjadi Langgeng Selamanya
foto via dream.co.id

Tak mesti mahal apalagi mewah...

Baik suami atau istri bisa melkukan hal - hal sederhana ini untuk saling memberikan kebahagian satu sama lain...

InsyaAllah meski sederhana..., hal-hal bisa membuat rumah tangga Anda langgeng selamanya....

Kira-kira darimana kita mulai?

Baiklah kita mulai di pagi hari....

Pagi hari menjadi waktu yang sibuk untuk sebagian besar pasangan, apalagi jika pernikahan sudah diwarnai kehadiran anak-anak. Rasanya tak ada waktu untuk sekadar saling menyapa selamat pagi pada pasangan...

Mengutip detikcom, kenyataannya menurut para pakar, meluangkan waktu di pagi hari untuk mesra dengan pasangan beberapa menit saja, bisa memiliki dampak besar pada hubungan pernikahan.

Berikut lima hal yang dilakukan pasangan dengan pernikahan bahagia, seperti dipaparkan para pakar. Lima hal yang mereka lakukan ini juga bisa Anda dan suami terapkan:


1. Bangun di Waktu yang Sama
5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pernikahan Menjadi Langgeng Selamanya
foto via mommiesdaily.com

“Banyak pasangan memiliki waktu bangun tidur di pagi hari yang berbeda dan terkadang mereka nyaris tidak pernah saling bertemu atau bahkan bertegur sapa di pagi hari.” kata Dr. Kurt Smith, terapis pernikahan.

Baca Juga : Jangan Cuma Langgeng dan Samawa, Ini Lho Ucapan Selamat Pengantin dalam Islam!

“Aku tahu banyak pasangan yang bahkan tidak terbangun sebelum pasangannya keluar dari rumah. Bukan karena pasangannya berangkat pukul empat pagi atau karena dia bekerja dengan sistem shift, tapi karena si pasangan tidur terlalu larut malam. Pasangan seperti ini tidak mementingkan pentingnya saling berhubungan di pagi hari,” urainya

Oleh karena itu dia menyarankan cobalah bangun di waktu yang sama di pagi hari. Setidaknya hanya untuk mengucapkan selamat pagi pada pasangan.


2. Ciūmãn Perpisahan
5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pernikahan Menjadi Langgeng Selamanya
foto via keluarga.com

Menurut pakar Dr. Smith, penting untuk pasangan menunjukkan rasa sayang atau cinta mereka pada pasangannya sebelum satu sama lain meninggalkan rumah.

Oleh karena itu usahakan Anda sudah terbangun saat pasangan hendak berangkat ke kantor atau keluar rumah untuk menjalankan aktivitas.


3. Melupakan Gadget Sesaat
5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pernikahan Menjadi Langgeng Selamanya
foto via novanovili.com

Terapis pernikahan Winifred M. Reilly menyarankan agar Anda dan pasangan menjauhkan sejenak gadget kesayangan di pagi hari.

Baca Juga : Muslimah, Berdoalah Agar Suamimu Punya 5 Sifat Ini Yang Membuat Langgeng Rumah Tangga


“Jangan pakai alasan tak punya waktu. Karena duduk bersama ini penting untuk pasangan sekadar berbagi cerita akan apa yang dihadapi hari ini atau mengenai berita yang tengah hangat atau bahkan hanya untuk hening sejenak sebelum diburu segala kesibukan,” lanjut dia.


4. Berbagi Tugas Rumah Tangga
5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pernikahan Menjadi Langgeng Selamanya
foto via gulalives.co

Setelah menikah, tidak sedikit para pria yang menyerahkan segala urusan domestik di pagi hari pada para istri.

Padahal menurut Dr. Kurt Smith, berbagi tugas rumah tangga di pagi merupakan salah satu kunci pernikahan yang langgeng.

“Bekerja sebagai sebuah tim di pagi hari bisa membangun kedekatan dan kebahagiaan yang akan bertahan sepanjang hari,” ujarnya.

Baca Juga : 12 Rahasia Pernikahan Langgeng, Awet & Selalu Bahagia


5. Kontak Mata dan Tersenyumlah
5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pernikahan Menjadi Langgeng Selamanya
foto via candradewojati.com

Setelah terjaga di pagi hari setelah tidur cukup, usahakan Anda dan suami tidak langsung terburu-buru bangun dari tempat tidur.

“Meskipun hanya punya waktu lima atau 10 menit sebelum salah satu dari kalian harus keluar rumah atau sibuk dengan gadget, duduklah dulu bersama dengan tidak adanya gadget di antara kalian.” urainya.

Habiskan waktu untuk saling berpelukan, berpegangan tangan atau jika tidak sempat lakukan saja kontak mata. Langkah ini diyakini bisa memberikan ‘energi’ pada masing-masing pasangan untuk memulai hari.

Sedangkan psikolog Dr. Marie Land menambahkan, cobalah untuk memberikan senyum pada pasangan sebelum saling mengucapkan kata perpisahan.

“Pagi hari bisa jadi waktu yang sangat sibuk untuk sebagian besar orang, tapi tetap penting untuk pasangan memberikan senyum terbaiknya pada satu sama lain,” ucap psikolog Dr. Marie Land.

Dr. Marie melihat pasangan yang bahagia melakukan hal ini setiap pagi. Karena dengan senyuman bisa menularkan kebahagiaan pada pasangannya.

Bagaimana? Siap memberikan senyum terbaik pada pasangan? Yuk coba mulai besok sebelum memulai hari...
SHARE ARTIKEL