Teruntuk Ibu-Ibu Menyusui, Agar ASI Buat Anak Lancar Coba Lakukan 5 Hal ini

Penulis Unknown | Ditayangkan 22 Jan 2018
Teruntuk Ibu-Ibu Menyusui, Agar ASI Buat Anak Lancar Coba Lakukan 5 Hal ini
foto via youtube.com

Tips buat mama untuk memperlancar ASI si kecil

Teruntuk mama muda, sering merasa khawatir dan cemas saat asi yang akan diberikan kepada si kecil tiba-tiba seret dan tak maksimal.

Memang hal ini sering terjadi saat menyusui. Hingga akhirnya solusi yang tepat yaitu berhenti menyusui dan diganti dengan susu toko.

Tapi jangan khawatir moms, ini ada tips buat kamu yang tak bisa mencukupi kebutuhan ASI si kecil. Anda perlu menerapkan beberapa kebiasaan ini sebagaimana dikutip klikdokter.com

Menyusui Teratur

Berikan ASI setiap kali bayi lapar. Berikan dari kedua payudara secara seimbang. Isapan bayi selama menyusui akan merangsang produksi ASI.

Baca Juga : Jangan Sepelekan Meski Sedang Menyusui, Allah Kabulkan Doa Ibu Untuk Anaknya

Berikan ASI

Banyak ibu menyusui berpikir bahwa dia memproduksi sedikit ASI, sehingga sering menambahkan susu formula untuk bayi. Padahal, ASI yang diproduksi masih dalam jumlah normal. Cara mudah untuk mengetahui kecukupan ASI pada bayi adalah dengan memerhatikan kenaikan berat badan bayi.

Tanda lain bahwa bayi mendapatkan jumlah ASI yang cukup yaitu bayi berkemih 5–8 popok sehari, tampak sehat dan aktif, serta buang air besar berwarna kuning kecoklatan pada usia 5 hari ke atas.

Pemberian susu formula justru akan mengurangi rasa lapar bayi, sehingga jumlah ASI yang diinginkan akan semakin sedikit.

Istirahat Cukup

Kekurangan tidur dapat mengganggu produksi ASI.

Baca Juga : Pertama Kali Menyusui Selalu Terasa Sakit dan Jadi Bengkak, ini 6 Penyebab dan Solusinya

Hindari Stres

Stres pada ibu akan menghambat produksi ASI dan mengganggu refleks let-down pada payudara (refleks untuk melepaskan susu pada saluran susu) dan membuat bayi tidak mendapatkan cukup ASI.

Karena itu, Anda perlu selalu dalam kondisi rileks. Jauhi pikiran negatif, rasa cemas, dan marah. Minta bantuan pasangan, keluarga atau teman untuk mengatasi pekerjaan lain.

Minum yang Cukup

Pada kondisi dehidrasi, ibu akan memproduksi ASI lebih sedikit. Pastikan asupan cairan harian Anda cukup, dan konsumsi makanan yang kaya air seperti buah dan sayuran.

Nah, demikian tadi beberapa kiat untuk menghasilkan ASI deras. Sebagai ibu menyusui, Anda tidak perlu khawatir lagi, ya. Anda hanya perlu fokus menyusui si Kecil.

Nah, semoga tips diatas dapat membantu bunda saat mengalami kesulitan memberi ASI si kecil. Semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL