Agar Doa Cepat Terkabul, Ketahui Waktu yang Tepat Untuk Berdoa 

Penulis Penulis | Ditayangkan 24 Jan 2018

Agar Doa Cepat Terkabul, Ketahui Waktu yang Tepat Untuk Berdoa Karena Pintu Langit Terbuka

Jangan pernah putus asa dalam berdoa

Sudah lama berdoa belum juga dikabulkan allah, ketahui kunci dan rahasianya agar doa cepat terkabul.

Salah satunya menjadi bacaan saat sholat.

“Doa adalah inti dari ibadah”. 

Demikian isi dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi. 

Hamba yang tak pernah berdoa ibarat hamba yang sombong karena tidak pernah berharap dan memohon pada tuannya.

Ibadah yang setiap hari kita lakukan, juga doa yang senantiasa kita panjatkan, tentu diharapkan sampai di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kita berharap doa tersebut akan diijabah atau dikabulkan. 

Bahkan seringkali kita kurang bersabar manakala doa tersebut belum juga terkabul.

Nah, jika ingin doa cepat dikabulkan, sebaiknya kita senantiasa memanfaatkan moment istimewa ini untuk memanjatkan doa yang terbaik.

Kapankah pintu langit itu terbuka? Simak ulasan berikut.

Waktu yang Tepat untuk Berdoa Agar Cepat Terkabul

1. Sebelum zhuhur

Sebelum zuhur merupakan waktu terbukanya pintu langit, maka itu snagat dianjurkan untuk mengerjakan shalat qabliyah duhur serta berdoa yang terbaik.

"Sesungguhnya, pintu-pintu langit dibuka hingga tergelincir matahari dan tidaklah tertutup hingga shalat zhuhur, maka aku ingin saat itu yang naik bagi ku adalah suatu kebaikan," (Hadits Shahih, At Taghrib 584).

Disebutkan pula dalam riwayat lain, yakni :

"Bergembiralah pkalian! ini adalah Tuhan kalian. Sungguh Allah telah membuka satu pintu dari pintu-pintu langit dan membanggakan kalian di hadapan para malaikat dengan mengatakan; Kalian lihatlah hamba-hamba-KU, mereka telah menyelesaikan suatu kewajiban dan menanti kewajiban yang lainnya," (Ash-Shahihah 661, Sunan Ibnu Majah 850).

2. Saat tengah malam

Selain itu, pintu langit juga akan dibuka pada saat tengah malam, maka itu jangan pernah sia-siakan waktumu ketika terjaga di tengah malam.

"Pintu-pintu langit yang dibuka pada saat tengah malam lalu ada suara yang memanggil: 'Apakah ada orang yang berdoa?, lalu orang itu pun dikabulkan. Apakah ada orang yang meminta?, lalu orang itu pun diberikan. Dan apakah ada orang yang dalam kesulitan?, maka orang itu pun dilapangkan,'" (Shahih Al Jami' 376).

3. Saat adzan berkumandang

Saat adzan berkumandang juga merupakan waktu dibukanya pintu langit, karena itu dianjurkan untuk bersuci, menjawab adzan serta berdoa.

"Apabila seorang muadzin mengumandangkan adzan maka terbukalah pintu-pintu langit dan dikabulkan lah doa," (Shahih Al-Jami' 803).

4. Waktu menanti dua shalat

Menunggu dua waktu shalat juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa, karena itu jangan sia-siakan dengan perbuatan yang tidak bermanfaat.

Rasulullah saw bersabda:

Bergembiralah kalian, Ini adalah Tuhan kalian sungguh Dia swt telah membuka satu pintu dari pintu-pintu langit dan membanggakan kalian dihadapan para malaikat dengan mengatakan,’Kalian lihatlah hamba-hamba-Ku, mereka telah menyelesaikan suatu kewajibannya dan menanti kewajiban yang lainnya.” (ash Shaihah 661, sunan Ibnu Majah 850)

5. Saat membaca doa ifttah

Setelah membaca takbir shalat, kita membaca doa iftitah. 

Tahukah jika doa tersebut sangatlah ajaib karena membuat pintu langit terbuka.

Ketika kami melaksanakan shalat bersama Rasulullah saw, lalu ada seseorang yang mengatakan

”Allahu Akbar Kabiron Wal hamdulillah Katsiron Wa Subhanallahu Bukrotan wa Ashilan.”

Lalu Rasulullah saw bersabda,”Siapakah yang mengatakan kalimat ini dan itu.’ Lalu orang itu berkata,’Saya wahai Rasulullah saw.’ Beliau bersabda,”Aku tertegun dengannya dan pintu-pintu langit pun terbuka.’ Ibnu Umar berkata,’Aku pun tidak pernah meninggalkan kalimat-kalimat itu sejak mendengar sabda Rasulullah itu.” (Shahih Muslim)

6. Saat berjihad di jalan Allah dan hujan lebat

Waktu lain yang membuat pintu langit terbuka adalah saat kaum muslim berjihad di jalan Allah dan juga saat hujan lebat.

Sesungguhnya pintu-pintu langit terbuka saat barisan (kaum muslimin) yang berjihad di jalan Allah melakukan penyerangan, ketika turun hujan lebat, ketika iqomat untuk melaksanakan shalat wajib maka raihlah keberuntungan didalamnya dengan berdoa.” (al Mausu’ah al Fiqhiyah juz II hal 7163)

7. Hari jumat

Abu Qasim Ra bercerita, Rasulullah Saw bersabda, 

 “Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim berdiri berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya, yang kami pahami, untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat),” (HR. Bukhari dan Muslim).

8. Setelah shalat fardhu

Abi Umamah Ra bercerita, “Telah ditanyai Rasulullah Saw, “Kapankah do’a didengar (dimustajabkan) oleh Allah?” Rasul menjawab, “Do’a yang dilakukan di tengah malam dan setelah selesai melaksanakan sholat fardhu lima waktu,” (HR. Imam Turmidzi).

9. Saat dalam perjalanan

Dari Abu Hurairah Ra, Nabi Saw bersabda, “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud).

10. Saat khatam Al Quran

Allah berfirman:

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS. Fathir[35]:29-30).

11. Ketika sujud dalam shalat

Dari Amr bin Ibnu Abasah mendengar Rasulullah Saw bersabda:

Tempat yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya adalah saat ia dalam sujudnya dan jika ia bangun melaksanakan shalat pada sepertiga malam yang akhir. Karena itu, jika kamu mampu menjadi orang yang berdzikir kepada Allah pada saat itu maka jadilah.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Al-Hakim, Adz-Dzahabi, dan Al-Albani).

12. Ketika berpuasa

Abdullah bin Amr Ra meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, 

“Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika berdo’a dalam berbuka, do’anya tidak tertolak,” (Ibnu Majah Ra).

13. Malam lailatul qadar

Aisyah Ra bercerita, “Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku)” (HR. Tirmidzi).

Setelah mengetahui waktu-waktu dibukanya pintu langit diatas, pastinya kita tidak akan menyia-siakannya lagi. 

Segera perbanyak berdoa untuk kebaikan diri, keluarga, dan saudara muslim kita di seluruh penjuru dunia.