Tangan Anak Melepuh Terkena Air Panas, Atasi Dengan Pertolongan Pertama ini Dijamin 1 Menit Sembuh

Penulis Unknown | Ditayangkan 05 Dec 2017

Tangan Anak Melepuh Terkena Air Panas, Atasi Dengan  Pertolongan Pertama ini Dijamin 1 Menit Sembuh

Jangan panik...Tips ini bisa jadi solusinya..

Tak perlu biaya yang mahal untuk mengobati luka anak ketika melepuh akibat air panas. Kamu cukup lakukan 2 pertolongan ini saja. Dijamin cepat sembuh. Bagaimana caranya?

Mengutip infotipsmanfaat, berikut cara memberi pertolonga pada anak yang alami luka akibat terkena air panas.

Siram, lepas, rendam, tutup, kirim

Baca juga : Bayi Suka Meronta Dan Ribet Saat Berikan Obat, Begini Trik Mudahnya

1. Siram

Siram bagian yang terkena air panas dengan air dingin (bukan air es) yang mengalir 15 menit sampai 30 menit. Langkah ini akan menurunkan panas dan mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh air panas. Lakukan secepat mungkin yang kamu bisa. Jangan oleskan odol, kecap atau bahkan kompres dengan air dingin.

2. Lepas

Bila yang tersiram adalah bagian tubuh masih dilapisi pakaian, siram langsung bagian tersebut. Setelah itu, baru buka pakaian sehati-hati mungkin. Bila ini sulit dilakukan, gunting saja pakaian atau celana yang dipakainya, lalu siram lagi bagian yang terluka itu dengan air dingin (bukan air es). Jika bagian yang tersiram tertempel dengan baju, maka jangan lepas bagian itu.

3. Rendam

Jika areanya kecil, rendamlah dengan air dingin (bukan air es) selama 10-30 menit sampai panas terasa mereda. Jika area yang tersiram cukup besar, maka jangan direndam atau anak akan kehilangan suhu tubuh.

Baca Juga : Sakit parah, Bocah Ini Bukan Minta Sembuh Tapi Minta Dikubur, Alasannya Bikin Ibu Hancur..

4. Tutup/balut

Tutup/balut bagian tubuh yang terluka dengan kain kassa steril (kalau tidak ada gunakan handuk bersih) untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi. Jangan balut luka terlalu kencang, dan balutan harus melebihi bagian yang luka. Ingat, jangan oleskan salep apapun ke luka bakar anak-anak yah!

5. Kirim

Setelah selesai melakukan langkah-langkah diatas, segera ke rumah sakit untuk ditangani pihak dokter. Jagalah kehangatan tubuh anak selama perjalanan ke rumah sakit.

Nah, jadi udah tau kan apa yang harus dilakukan bila terkena air panas? Jangan panik dan langsung tolong anakmu! Bila di rumah ada anak-anak harus lebih diperhatikan lagi yah! Semoga bermanfaat bagi sobat cerpen semua!

SHARE ARTIKEL