Subhanallah, Inilah Keutamaan Datang Shalat Jum`at Lebih Awal, Wajib Diketahui..

Penulis Huda Mbothe | Ditayangkan 03 Nov 2017

Subhanallah, Inilah Keutamaan Datang Shalat Jum`at Lebih Awal, Wajib Diketahui..

Bagi anda yang suka terlambat datang untuk shalat jum'at jangan lakukan lagi deh pasti anda akan menyesal kalau tau pahala yang diberikan seperti ini..

Baca jugaBagaimana yang Benar.. Malam Jum'at Baca Surat Yasin Atau Surat Al-Kahfi..?? Berikut Penjelasannya

Ketika hendak pergi shalat jum'at kebanyakan dari kita untuk menunggu habisnya khutbah baru berdatangan. 

Jangan ditiru itu kebiasaan yang salah. anda tidak akan datang terlambat saat shalat jum'at jika mengetahui pahala yang diberikan. 

Saat datang lebih awal  saat hendak menunaikan ibadah shalat jum'at..

Shalat Jum’at bagi kaum muslimin sejatinya tidak hanya sebuah ibadah rutin yang dilaksanakan setiap hari Jum’at.

Di sekelilingnya terdapat ladang amal yang amat luas bagi siapa saja yang mau mengamalkan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dengan mengerjakan amalan-amalan sunnah yang menyertai shalat Jum’at. 

Maka kita akan tercatat tidak sekedar menjalankan kewajiban (dan karenanya mendapatkan ganjaran shalat wajib). 

Tetapi juga dicatat oleh malaikat dan mendapatkan tambahan pahala berlimpah di sisi Allah Subhanahu Wata’ala.

Salah satu amalan sunnah yang menyertai kewajiban shalat Jum’at adalah “bersegera mendatangi masjid sebelum khatib naik mimbar.”

Adapun keutamaan bersegera mendatangi shalat Jum’at di awal waktu, antara lain adalah :

1. Dicatat dalam buku catatan malaikat

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anha bersabda :

عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ مَلَكَانِ يَكْتُبَانِ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ ... فَإِذَا قَعَدَ الْإِمَامُ طُوِيَتِ الصُّحُفُ

“Pada setiap pintu dari pintu-pintu masjid pada hari Jum’at terdapat dua orang malaikat yang mencatat orang-orang yang terlebih dahulu berangkat... Jika imam (khatib) telah keluar (naik ke mimbar), maka buku catatan para malaikat ditutup.” (HR. Ibnu Khuzaimah no. 1770, Ibnu Hibban no. 2774, dan An-Nasai dalam as-sunan al-kubra no. 11907, hadits shahih)

Dalam penjelasannya terhadap perkara ini, Abu Umamah dalam sebuah hadits yang dihasankan oleh Syaikh al Albani, dari Abu Ghalib, pernah ditanya :

Baca jugaInilah Amalan Serta Do'a Agar Cepat Mendapat Jodoh Sholeh Maupun Sholehah..

2. Mendapat keutamaan seperti berkurban seekor unta berbanding sebutir telur

Keutamaan lainnya mendatangi masjid di awal waktu pada hari Jum’at dijelaskan dalam sebuah hadits.

Yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَقَفَتْ الْمَلَائِكَةُ عَلَى أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ فَيَكْتُبُونَ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ فَمَثَلُ الْمُهَجِّرِ إِلَى الْجُمُعَةِ كَمَثَلِ الَّذِي يُهْدِي بَدَنَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي بَقَرَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي كَبْشًا ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي دَجَاجَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ وَقَعَدَ عَلَى الْمِنْبَرِ طَوَوْا صُحُفَهُمْ وَجَلَسُوا يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

"Jika tiba hari Jum'at, maka para Malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang yang datang lebih awal sebagai yang awal. Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan shalat Jum'at adalah seperti orang yang berkurban unta, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing, yang berikutnya lagi seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Maka apabila imam sudah muncul dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan dzikir (khutbah)." (HR. Ahmad dalam Musnadnya no. 10164)

3. Menjadi salah satu syarat mendapatkan kesempurnaan pahala shalat Jum’at

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dalam hadits yang diriwayatkan dari Aus bin Aus Radhiyallahu 'Anhu, bersabda:

مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا

“Barangsiapa mandi pada hari Jum'at, berangkat lebih awal (ke masjid), berjalan kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat yang sia-sia, maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamul lail setahun.” (HR. Abu Dawud no. 1077, al-Nasai no. 1364 Ahmad no. 15585. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 6405)

Hadits yang mulia ini menjelaskan kepada kita bahwa seseorang yang melaksanakan shalat Jum’at sesungguhnya bisa meraih pahala berlipat. 

Bahkan setara dengan pahala berpuasa dan qiyamulail selama setahun. 

Namun dengan sejumlah syarat, salah satunya adalah “berangkat lebih awal ke masjid.”

Di sini, bersegera mendatangi masjid pada hari Jum’at menjadi salah satu syarat bagi terpenuhinya seluruh syarat untuk meraih kesempurnaan pahala shalat Jum’at.

Baca jugaSering Disepelekan Padahal Sangat Ampuh, Lima Ayat Al Qur'an ini Dapat Mengundang Rezeki

Hari Raya Kaum Muslim

Hadits-hadits di atas menggambarkan betapa tingginya keutamaan yang didapat dengan menyegerakan diri mendatangi masjid pada hari Jum’at. 

Demikian tingginya sehingga layaknya seperti memperbandingkan antara berkurban seekor unta dengan sebutir telur.

Menyegerakan mendatangi masjid sebelum shalat Jum’at juga bisa mengantarkan seseorang mendapatkan kesempurnaan pahala shalat Jum’at. 

Seperti pahala orang-orang yang melaksanakan puasa dan qiyamul lail selama setahun.

Karenanya, tidaklah mengherankan dalam sebuah riwayat yang ditulis oleh Abu Ubaidah Masyhur bin Hasan dijelaskan bahwa sesungguhnya pada abad-abad pertama Islam. 

Hari Jumat itu disambut seperti layaknya hari raya bagi kaum muslimin. 

Dimana, pagi hari setelah terbit fajar, jalan-jalan sudah ramai dengan orang-orang yang berpakaian bagus. 

Memakai wangi-wangian, dan mereka bergegas menuju masjid.

“Mereka berjalan menuju masjid jami' seperti halnya hari raya, hingga akhirnya kebiasaan itu hilang.” Lalu dikatakan, “Bid'ah pertama yang dilakukan dalam Islam adalah tidak berangkat pagi-pagi menuju masjid.” (Abu Syamah seperti dikutip Abu Ubaidah Masyhur bin Hasan dalam Akhtha' al Mushallin -- Edisi Indonesia: Kesalahan-kesalahan dalam shalat, hal. 236)

Patut disayangkan, sekarang ini banyak di antara kita kaum muslimin menganggap sepele perkara yang mulia ini. 

Padahal ganjaran di sisi Allah bagi yang mengamalkan sungguh-sungguh sangat menggiurkan.

Tidakkah kita ingin dicatat dalam buku catatan para malaikat yang ditugaskan khusus oleh Allah untuk berdiri di pintu-pintu masjid pada setiap hari Jum’at? 

Sebab, apabila khatib telah menaiki mimbar, maka para malaikat itu pun menutup catatannya, dan mereka ikut mendengarkan khutbah.

Betapa banyak di antara kita yang ikut shalat Jum’at, tetapi kelak tidak ada dalam buku catatan malaikat.

Tidakkah kita ingin mendapatkan amalan yang pahalanya diibaratkan seperti berkurban dengan seekor unta sekali dalam sepekan?

Dalam setiap Jum’at, berapa banyak-kah di antara kita yang masuk kategori ”datang lebih awal”, sehingga patut mendapat ganjaran terbaik di sisi Allah?

Atau jangan-jangan sepanjang hidup, kita ternyata belum pernah sekalipun mendatangi shalat Jum’at lebih awal dibanding jamaah lain umumnya? 

Sehingga dalam catatan malaikat, kita belum pernah sekalipun mendapat kategori datang ”diawal waktu.”

Jika demikian, sungguh betapa meruginya kita!! Sungguh, betapa banyak kesempatan berkurban unta yang kita lewatkan sia-sia!

SHARE ARTIKEL