Fenomena Salib Tergambar di Sirip Ikan, Begini Kisah Jawaban Gus Dur yang di Luar Dugaan

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 17 Oct 2017
Fenomena Salib Tergambar di Sirip Ikan, Begini Kisah Jawaban Gus Dur yang di Luar Dugaan


Ketika ditemukan Tanda Salib di Sirip Ikan, Begini Gus Dur Menganggapinya

Fenomena yang mungkin sering kita lihat adalah tertanamnya lafadz Allah di beberapa benda yang menunjukkan Kekuasaan-Nya, namun ketika muncul simbol Salib di sirip ikan, apakah itu pertanda tertentu terkait Kristen? Begini kisah Gus Dur menanggapi hal ini..

Suatu ketika, Kang Maman berbincang dengan Gus Dur di masjid samping rumahnya, Al-Munawwaroh Ciganjur, Jakarta Selatan. Hari sudah larut. Gus Dur terdiam dan enggan beranjak dari tempat duduknya.

Kali ini Kang Maman yang berusaha melontarkan joke atau humor yang biasa melekat pada diri Gus Dur, namun saat itu Gus Dur masih saja terdiam.

Kang Maman mengatakan tentang beberapa fenomena aneh yang kerap muncul di negeri ini, misal dulu ramai batu ajaib yang dipegang bocah Ponari di Jombang, Jawa Timur.

BACA JUGA : Tubuhku di Aliri Darah Hasil Donor Orang Non Muslim, Bagaimana Hukumnya?

Selain itu, di Cirebon, Jawa Barat juga heboh karena ada simbol menyerupai ‘salib’ di beberapa sirip ikan hias. Ternyata sebelumnya, para kiai matur ke Gus Dur tentang fenomena itu.

Saat itu Gus Dur hanya berbicara singkat. “Kiai jangan heran. Itu nggak aneh,” kata Gus Dur. Para kiai dibikin penasaran tentang perkataan lanjutan Gus Dur.

“Kalau ada ‘salib’ di sirip ikan mas, ya wajar toh,” lanjut Gus Dur.

“Wajar bagaimana, Gus?” tanya salah seorang kiai coba menimpali Gus Dur.

“Lah wong Mbah-nya ikan-ikan itu kan PAUS,” kata Gus Dur singkat disambut geerrr para kiai.
SHARE ARTIKEL