Alhamdulillah, Inilah 5 Tanda Bahwa Rezeki yang Kamu Dapatkan Itu Berkah

Penulis Unknown | Ditayangkan 02 Oct 2017
Alhamdulillah, Inilah 5 Tanda Bahwa Rezeki yang Kamu Dapatkan Itu Berkah

KALAU TAK PERCAYA COBA SAJA SENDIRI

Setip orang sudah memiliki jalan rezeki sesuai ketetapan Allah SWT. Jadi kita tak boleh iri atau riya' terhadap rezeki yang kita dapat. Biasanya kita masih bingung antara rezeki yang dapat berkah dari Allah dan tidak. 

Apakah Perbedaannya? 

Mengutip islamidia, perbedaan antara rezeki yang dapat berkah dan tidak itu dapat dilihat dari tanda-tandanya. Kalau belum tau bagaimana tandanya, Ini dia beberapa tanda-tanda dari rezeki yang mendapat berkah dari Allah.

Baca Juga :  Inilah Tanda-tanda Anda Akan Mendapat Rizki Melimpah, Alhamdulillaah

1. Jiwa Terasa Tenang, dan Hati Mampu Mendekat Pada Allah

Rezeki yang berkah akan membawa ketenangan dalam jiwa, sedangkan rezeki yang tidak berkah akan menghadirkan was-was. Pernahkah Sahabat Dakwah menerima uang dalam jumlah besar namun merasa was-was karena sumbernya tidak jelas?

“Tidak sama yang buruk (rezeki yang haram) dengan yang baik (rezeki yang halal) meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang berakal agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al Maidah: 100).

2. Rezeki Bisa Bermanfaat Untuk Banyak Orang

Meski sedikit, rezeki yang berkah biasanya dapat memberi manfaat untuk banyak orang.

3. Mudah Memberi Sedekah dan Menunaikan Zakat

Muda dalam mengeluarkan zakat, serta merasa senang memberi sedekah baik untuk keluarga, kerabat yang memerlukan, ataupun fakir miskin, juga merupakan salah satu ciri keberkahan rezeki.

Tentu saja segala sesuatu tergantung niatnya. Jika hanya diniatkan untuk pencitraan, atau untuk menutupi rasa bersalah telah menerima harta haram, maka sama saja dengan membohongi diri sendiri.

Baca Juga :  Ingin Mudah Rezeki? Catat! Inilah Waktu Terbaik untuk Bersedekah

4. Keluarga Harmonis dan Dikaruniai Anak yang Shaleh/shalehah

Pertanda yang lebih jelas adalah mendapatkan rumah tangga yang harmonis, serta karunia anak shaleh/shalehah dari Allah. Anak-anak yang taat pada Allah, menyejukkan pandangan mata dan hati orangtua, serta memberi ketenangan.

5. Senantiasa Merasa Cukup dan Syukur

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah.”

Orang yang rezekinya berkah akan merasa bersyukur dan selalu cukup. Sedangkan orang yang rezekinya tidak berkah akan selalu merasa haus, kurang, karena sifat tamak yang dimiliki.

Berapa Milyar pun dalam tabungannya, tidak berhasil memuaskan hatinya. Inilah adzab yang sebenarnya. Semoga kita senantiasa dijaga Allah dari rezeki haram, dan selalu dikaruniai rezeki halal dan barokah.
SHARE ARTIKEL