Nasehat OrangTua : 7 Amalan Cari Jodoh Ini Ampuh dan Meminimalisir Gagal Dalam Cinta

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 23 Sep 2017
Nasehat OrangTua : 7 Amalan Cari Jodoh Ini Ampuh dan Meminimalisir Gagal Dalam Cinta


Yang Sering Di Cerca Pertanyaan "Kapan Nikah" Wajib Baca ini...

Kata  ”Kapan Nikah?” mungkin kalimat tersebut sering menjadi momok yang menakutkan bagi mereka yang masih berstatus jomblo/single. Pasti engkau sudah tau kenapa kalimat itu menjadi momok yang menakutkan?

Ya, biasanya ketika kita bertemu dengan keluarga atau teman-teman lama, kalimat itu sering sekali ditanyakan kepada kita. Mungkin kita akan merasa jengkel, marah, kesal dan tidak senang ketika pertanyaan itu dilontarkan kepada kita.

Tapi janganlah risau, karena sesungguhnya jodoh itu sudah ditetapkan oleh Allah untuk setiap para hamba-Nya.

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya engkau mengingat kebesaran Allah.” [QS. Adz Dzariyaat (51):49].

Nah, sekarang permasalah jodoh tidak usah dikhawatirkan. Sekarang permasalahannya adalah kita ingin diberikan jodoh terbaik dan dipermudah untuk menemukannya atau tidak ?

Jika iya, maka kita haruslah menjemput jodoh tersebut dengan ikhtiar dan juga doa. Apa saja sih yang ikhtiar harus dilakukan ? biar engkau gak semakin penasaran. Yuk simak amalan-amalan ala ustadz Yusuf Mansur agar engkau bisa menemukan jodoh terbaik.

1. Engkau Merasa Mempunyai Kesalahan atau Keburukan. Maka Mohon Ampunlah

Coba engkau renungkan apakah engkau pernah mempunyai kesalahan atau keburukan yang pernah engkau lakukan seperti memakan uang anak yatim, durhakan terhadap orang tua, berbohong, dan lain sebagainya.

Dan jika engkau telah mengakui segala dosa-dosa yang pernah engkau lakukakan, maka segeralah memohon ampun kepada Allah SWT.

2. Masih Lalai Dalam Beribadah. Segeralah Perbaiki dan Tingkatkan Ibadahmu

”Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah engkau, sujudlah engkau, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya engkau mendapat kemenangan.” (QS. Al-Hajj Ayat : 77 )

BACA JUGA : Jika Pasanganmu Meninggalkanmu Demi Orang Lain, Ikhlaskanlah Karena Penghianat Lebih Cocok Dengan Penggoda

Ya, ketika engkau sulit untuk menemukan pasangan dan ingin mendapatkan jodoh yang terbaik, maka mintalah kepada Allah SWT. Semakin kita dekat dengan Allah, semakin Allah sayang sama kita.

Beberapa cara untuk bisa mendekatkan diri dengan Allah adalah memperbaiki wudhu, sholat diawal waktu dan dikerjakan secara berjama’ah, berdoa dan berdzikir setelah sholat, menjaga sholat sunnah rawatib, dan membiasakan sholat malam. Dan lakukan semua itu sesuai kemampuanmu.

3. Setelah Berikhtiar, Selanjutnya Serahkan Kepada Allah

Dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. At-Talaq [65:3]

Kita sudah memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa atau kesalahan yang telah diperbuat. Dan kita pun sudah mulai memperbaiki ibadah walaupun sedikit demi sedikit.

Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah pasrahkan semua kepada Allah. Kita hanya perlu YAKIN kepada Allah. Setelah yang apa yang kita lakukan, Allah pasti akan mengabulkan semua hajat kita termasuk pasangan yang terbaik untuk kita.

4. Luruskan Niat, Engkau Mencari Pasangan Untuk Menyempurnakan Separuh Agama

Coba tanyakan kepada hatimu yang terdalam. Apakah engkau mempunyai niat dalam mencari pasangan adalah untuk menggapai ridho Allah ? atau mempunyai niat yang lain ?

Tanamkanlah niat yang baik dalam menikah seperti ingin memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW, membangun keluarga yang baik diantara kaum muslimin, menunaikan sunnah Rasulullah SAW dan niat-niat yang baik lainnya. Ketahuilah niat yang baik akan berakhir dengan baik.

5. Menghilangkan Ego Dalam Mencari Pasangan Karena Tidak Ada yang Sempurna

“Dan janganlah engkau nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mumin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah engkau menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mumin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mumin lebih baik dari orang-orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintahnya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (QS. Al-Baqara [2:221])

Mempunyai target untuk mempunyai pasangan merupakan hal yang wajar. Tapi, janganlah engkau memiliki standart yang cukup tinggi untuk pasanganmu.

Memang hakikatnya menikah adalah untuk menyempurnakan kekurangan pasangan dengan kelebihan yang dimiliki pasangan lainnya. Serahkan semua kepada Allah karena DIA lah yang maha mengetahui apa yang terbaik untuk setiap hambaNya.

6. Seringlah Melakukan Silahturahmi Baik Kepada Sanak Saudara Maupun Orang-Orang yang Pernah Disakiti

”Siapa yang ingin dibentangkan rezekinya, dipanjangkan umurnya maka hubungkanlah silaturrahim”. (Muttafaq ’alaih)

Biasanya jika kita mendengar rezeki, maka pikiran kita akan memikirkan sesuatu hal tentang materi. Sebenarnya rezeki itu tidak hanya berupa uang atau harta. Rezeki itu bisa meliputi umur, harta, kesehatan maupun rezeki.

Dengan engkau memperbanyak silahturahmi, kesempatan bertemu dengan jodohmu akan semakin dekat. Karena dengan seringnya melakukan silahturahmi engkau akan banyak bertemu orang sehingga akan membuat engkau mempunyai kenalan yang cukup banyak. Dan mungkin saja kenalanmu itu merupakan jodohmu.

7. Agar Jodoh Tidak Menjauh Maka Tutuplah Aurat

Kita pasti menginginkan jodoh yang sholeh maupun sholehah. Dan salah satu ciri seseorang itu dikatakan soleh atau solehah adalah patuh kepada Allah dan Rasul-Nya. Menutup aurat merupakan salah satu perintah dari Allah untuk setiap hamba-Nya.

“Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik.” (Qs. An Nur:26)

Sebenarnya ketika engkau memilih sendiri atas dasar untuk tidak mendekati zina dengan pacaran itu merupakan hal yang mulia. Banyak kaum muslim memilih untuk mengikuti hawa nafsunya dibandingkan mematuhi segala perintah dan larangan dari Allah SWT dan Rasul-Nya.
Dan tidak ada kata terlambat untuk kita meminta ampunan kepada Allah atas segala yang kita lakukan. Salah satunya adalah dengan mengajak dia atau calon pasanganmu untuk segera menunaikan pernikahan.

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami)” (QS. al-Furqon : 74)

Semoga Allah selalu mengistiqomahkan kita untuk selalu menjaga diri dari perbuatan zina dan semoga Allah memudahkan kita untuk menemukan jodoh atau pasangan agar bisa segera menyempurnakan separuh agama ini. Semoga bermanfaat
SHARE ARTIKEL