Hal ini Sepele, Tapi Kalau Dilakukan Maka Lenyaplah Pahala Sholat Jum`at Anda

Penulis Taufiq Firmansah | Ditayangkan 23 Sep 2017

Hal ini Sepele, Tapi Kalau Dilakukan Maka Lenyaplah Pahala Sholat Jum`at Anda

SIAPA YANG BIASANYA LAKUKAN TINDAKAN INI...? berarti sholat jum'at kamu sia-sia selama ini.

Masih banyak yang saya lihat setiap hari Jumat orang-orang yang tanpa sadar mereka sholat jumat tapi kehilangan pahala sholat jumatnya, kan sayang apa yang kita kerjakan tapi malah sia-sia tidak dapat pahala.
salah satu yg sering di lakukan adalah ketika khotib sudah naik ke mimbar dan memberi khutbah, mereka juga sibuk ngobrol dengan teman di sebelahnya atau menegur orang yang di sebelahnya

Baca juga : Syarat ini Jarang bisa dilakukan Sebelum Menikah, Padahal ini yang Menjadikan Keluarga Sakinah

SHALAT Jumat merupakan kewajiban bagi seorang laki-laki yang sudah baligh dan berakal sehat. Tentunya, jika kewajiban ini tidak dilaksanakan, sama halnya ia tidak mengindahkan perintah Allah. Itu berarti ia tidak mencintai Allah sebagai Tuhannya. Dengan begitu, ia akan jauh dari rahmat-Nya.

Seseorang yang melaksanakan shalat Jumat memiliki peluang memperoleh pahala dari Allah. Pahala itu akan sangat berguna baginya di akhirat kelak. Meski begitu, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, agar pahala itu dapat diraihnya. Salah satunya jangan melakukan hal-hal yang bisa mengugurkan pahala.

Ada salah satu kebiasaan kecil dan terlihat sepele tetapi bisa menghapus pahala shalat Jumat. Apakah itu? Ternyata tindakan yang sering dianggap sepele namun berdampak menghapus pahala tersebut adalah berbicara dengan makmum lainnya saat khatib sedang berkhutbah. Bahkan untuk mengatakan ‘diam’ kepada teman lain yang berbicara pun dilarang Rasul.

Baca juga : Ini Tanda-Tanda Malaikat Memberitahu Bila Ajal Kita Hampir Tiba, Maka Segerakanlah Bertaubat

Tindakan ini disebut dengan perbuatan Lagha, atau ucapan yang bathil, yang tertolak, yang tidak selayaknya dilakukan.

“Siapa yang berbicara maka tidak ada pahala jumatan baginya,” (HR. Ahmad 719).

“Siapa yang berbicara di hari jumat ketika imam sedang khutbah, maka dia seperti keledai yang menggendong barang bawaan. Sementara orang yang mengatakan ‘Diam’ maka tidak ada jumatan baginya,” (HR. Ahmad).

“Barangsiapa yang berbicara pada hari jumat ketika imam sedang khutbah, maka pahala dari jumat tersebut sebesar genggaman debu,” (Ad Daulabi di dalam Al Kuna wal Asma).

“Jika engkau berkata kepada saudaramu, “diamlah!”, pada hari Jumat dan imam sedang berkhutbah, maka engkau telah berbuat sia-sia,” (HR. Bukhari Muslim).

Rasulullah dalam hadis Riwayat Ahmad mengatakan, ada dua model orang yang datang untuk shalat Jumat.

Model pertama adalah pria yang datang dan shalat serta berdoa kepada Allah. Jika yang Maha Kuasa berkehendak, maka akan dikabulkan, namun jika tidak, maka tidak akan dikabulkan.

Golongan kedua adalah mereka yang datang pada hari Jumat, melakukan duduk diam dan melaksanakan shalat jumat. Orang model inilah yang digolongkan Rasulullah mendapatkan pahala jumatan sempurna.

Baca juga : Begini Jawaban Lucu Ustadz Abdul Somad Saat Ditanya Soal Mahalnya Mahar

Kedudukan khutbah sangat penting dalam shalat Jumat. Bahkan, jika ditinggalkan akan membatalkan syarat sah shalat Jumat. Rasulullah ﷺ bersabda, “Jika khutbah Jumat sudah dimulai, maka Malaikat akan duduk mendengarkan Khutbah.”

“Pada hari Jumat, di setiap pintu masjid ada malaikat yang mencatat orang yang akan shalat satu persatu. Jika imam telah duduk (di mimbar saat adzan), mereka melipat lembaran catatan (keutamaan amal) dan datang mendengarkan peringatan,” (HR. Bukhari).

Khutbah menjadi sarana bagi kaum mukmin agar menjadi umat yang terdidik wahyu. Sehingga dalam kondisi sesibuk apapun, seorang mukmin, minimal sepekan sekali, dia akan mendapatkan siraman rohani dari khutbah Jumat


SHARE ARTIKEL