3 Doa Kebaikan Dunia Akhirat yang Mustajab dan Sesuai Sunnah Nabi

Penulis Rosi N. | Ditayangkan 03 Aug 2017


3 Doa Kebaikan Dunia Akhirat yang Mustajab dan Sesuai Sunnah NabiDoa kebaikan dunia akhirat mustajab / Pic source : realylife

Siapa yang tak ingin mendapatkan kebaikan? Pastilah semua orang ingin mendapatkan kebaikan dari segala hal yang bisa dilakukan.

Kebaikan adalah hal yang sangat diinginkan dan selalu diusahakan oleh mereka yang ingin mendapatkan ridha Allah SWT.

Hal yang baik juga merupakan salah satu sarana pendulang pahala yang harus dilakukan oleh setiap manusia.

Baca JugaDoa Ulang Tahun Islami yang Terbaik untuk Diri Sendiri, Anak, Suami dan Pernikahan

Kebaikan juga menjadi sumber dari segala bentuk akibat yang indah, seperti misalnya kedamaian, ketenangan, keceriaan, serta rasa kasih sayang yang tulus.

Kebaikan juga merupakan simbol dari sebuah cinta, sehingga manusia sebagai makhluk sosial juga mampu menjalani hari dengan kebaikan.

Maka dari itu, Islam sebagai agama yang sempurna menganjurkan agar kita memperbanyak amalan baik agar pahala bisa diraih dan ridha Allah SWT bisa diterima.

Kebaikan dalam Pandangan Islam

Bagaimana kebaikan menurut Islam? Apakah seperti doa kebaikan dunia dan akhirat?

Ternyata Rasulullah Saw dalam sebuah hadist menegaskan bahwa,

“Kebaikan adalah akhlak yang baik, sedangkan dosa adalah apa saja yang meragukan jiwamu dan kamu tidak suka memperlihatkannya pada orang lain.(HR. Muslim).

“ Mintalah fatwa kepada hatimu. Kebaikan adalah apa saja yang menenangkan hati dan jiwamu. Sedangkan dosa adalah apa yang menyebabkan hati bimbang dan cemas meski banyak orang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kebaikan.(HR. Ahmad, Thabrani, dan Al Baihaqi).

Dalam salah satu ayat Al-Quran, doa kebaikan dunia akhirat dalam bahasa arab atau arti sebenarnya kebaikan disebut sebagai "Al-Biru".

Ulama mengartikannya sebagai "kebaikan yang banyak".

Allah SWT merinci apa saja yang disebut kebaikan dalam firman-Nya:

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ أُولَئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

"Kebaikan itu bukanlah dengan menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, Hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.(QS. 2:177).

Dilansir dari hal tersebut, maka bisa dikatakan kebaikan mampu dibagi menjadi beberapa, anatara lain:

1. Beriman

2. Taat beribadah

3. Bersabar

4. Bersedekah

5. Menepati janji

Akan tetapi tak menutup kemungkinan ada makna lain dalam kebaikan di luar hal tersebut, namun masih tetap dalam arti yang sama yakni berbuat kebaikan.

Berbicara mengenai kebaikan, tahukah bahwa ada doa mohon kebaikan dunia akhirat?

Seperti apa doa kebaikan dunia akhirat dengan artinya tersebut?

3 Doa Kebaikan Dunia Akhirat yang Mustajab dan Sesuai Sunnah NabiDoa kebaikan dunia akhirat mustajab / Pic source : wartakota

3 Doa Kebaikan Dunia Akhirat yang Mustajab dan Sesuai Sunnah Nabi

Ada beberapa doa kebaikan dunia akhirat terdapat dalam surah Al-Qur'an dimana sebagai manusia apalagi umat Islam, kita haruslah tahu akan hal itu.

Agar mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan membuat kebaikan di dalam hidup untuk selanjutnya sebagai bekal kebaikan di alam akhirat.

1. Doa sapu jagad

Doa kebaikan dunia akhirat tulisan arab, latin, dan terjemahan yang pertama adalah doa sapu jagad.

Pastilah sudah banyak yang mengetahui perihal doa ini, dan inilah ulasan lengkapnya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Allah ta’ala berfirman tentang doa orang-orang yang beriman,

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّا

Artinya:

"Wahai Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka." [Al-Baqarah: 201]

2. Doa untuk memperbaiki dunia dan akhirat

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَناَ دِيْنِناَ الذَى هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِناَ وَأَصْلِحْ لَناَ دُنْياَناَ الَّتىْ فِيْهاَ مَعاَشُناَ وَاَصْلِحْ لَناَ اخِرَتَنَا الَّتِى فِيْهاَ مَعاَدُناَ واجْعَلْ الْحَياَةَ زِياَدَةً لَناَ فِى كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لَناَ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Allahumma ashlih lanaa diininaal lazii huwa ‘ishmatu  amrinaa wa ashlih lanaa dunyaanaal latii fiihaa ma’aa syunaa wa ashlih lanaa aakhiratanaal latii fiihaa ma’aadunaa waj’alil hayaata ziyaadatal lanaa fii kulli khairin waj’alil mauta raahatal lanaa ming kulli syarrin.

Artinya :

"Ya Allah perbaikilah agama kami untuk kami, karena ia merupakan benteng bagi urusan kami." 

Perbaiki dunia kami untuk kami yang ia menjadi tempat hidup kami. Perbaikilah akhirat kami yang menjadi tempat kembali kami.

Jadikanlah kehidupan ini sebagai tambahan bagi kami dalam setiap kebaikan dan jadikan kematian kami sebagai kebebasan bagi kami dari segala kejahatan.

Itulah doa kebaikan dunia akhirat bahasa arab untuk memperbaiki kehidupan dunia dan akhirat kita kelak.

3 Doa Kebaikan Dunia Akhirat yang Mustajab dan Sesuai Sunnah NabiDoa kebaikan dunia akhirat mustajab / Pic source : wajibbaca

Ulasan terkait : Doa Shalat Dhuha Lengkap Beserta Bacaan Latin serta Terjemahannya

3. Doa untuk kesejahteraan dunia dan akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى الدّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Alloohumma innaa nas-alukal 'afwa wal 'aafiyata fiddiini wad dun-ya wal aakahiroti

Artinya :

"Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat."

Itulah beberapa doa yang bisa diamalkan kapan pun dan dimana saja. Ternyata arti dari doa kebaikan dunia akhirat bukan hanya tentang dunia saja.

Namun juga akhirat dan juga bagaimana cara memperbaiki dunia dan akhirat agar menjadi amalan yang sempurna di kemudian hari nanti.

SHARE ARTIKEL