Lihat Gambar Ini, Banyak Orang Meneteskan Air Mata, "Mengapa Mereka Pakai Alas Ini untuk Shalat?"

Penulis Unknown | Ditayangkan 11 Jul 2017

Kenapa mereka shalat pakai ranting pohon? Apa ini semacam pelecehan, atau malah mereka yang tak tahu bagaimana beribadah dengan semestinya?

Lihat Gambar Ini, Banyak Orang Meneteskan Air Mata,
Foto Sumber : Erwin Pandu Pratama/Facebook

Beribadah bagi setiap umat Islam adalah wajib hukumnya. Bukan hanya untuk mereka yang mampu saja, bahkan Islam pun mempermudah ibadah bagi mereka yang memang benar dilanda kesusahan. Seperti misalnya saja bisa mengganti puasa Ramadhan dengan membayar fidyah bagi yang sedang dalam perjalanan jauh atau musafir, serta saat tubuh mendukung untuk menjalankan puasa.

Also read : Surat Cinta untuk Ukhti Shalihah, Jagalah Hatimu Sampai Nanti Ada Cinta yang Diridhoi

Oleh sebab itulah, Islam menjadi agama yang mudah namun juga penuh akan makna. Karena memang sebagai hamba kita dianjurkan hanya untuk mematuhi perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya. Oleh karena itulah beribadah menjadi salah satu jalan untuk seorang manusia mencapai ridha Allah SWT.

Namun dewasa kini malah banyak orang yang tak mengerti bagaimana beribadah yang baik, karena memang untuk memenuhi kewajiban saja. Bukan untuk menggantungkan diri kepada Allah SWT dalam untaian doa, malah hati kerap kali merasa terpaksa kenapa harus setiap saat tanpa jeda.

Jika memang benar, memang maklumlah karena manusia adalah tempat seluruh kekhilafan dan dosa. Akan tetapi apabila ingin membenahi diri, lihatlah bagaimana mereka yang ada di sana di sisi belahan dunia, tetap menjalankan ibadah sepenuh hati walau keadaan ingin memaksa mereka berhenti.

Seperti dilansir dari akun Facebook milik Erwin Pandu Pratama, dimana diperlihatkan beberapa orang yang shalat dengan tak memakai alas berupa tikar ataupun sajadah, tapi malah menggunakan ranting pohon sebagai tumpuan. Lantas, banyak orang yang berkomentar mengapa mereka shalat dengan benda itu?

Ternyata, muslim dari Somalia tersebut diketahui sedang mengerjakan sholat berjamaah yakni sholat jenazah di tempat terbuka karena kurangnya Masjid. Pun mereka memakai ranting pohon karena tanah panas di gurun-gurun di Afrika yang sangat menyengat dan kadang-kadang melebihi Lima puluh derajat. Alasan lain adalah karena mereka juga tidak memiliki sepatu.


Also read : Terpaksa Tinggal Sekandang dengan Ayam, Kisah Mbah Remi di Usia Senja Sungguh Sesakkan Dada

Ketika melihat gambar ini kita berfikir, kenapa mereka memakai ranting pohon untuk sholat?! Ternyata muslimin dari Somalia ini sedang mengerjakan Sholat berjamaah/sholat jenazah di tempat terbuka karena kurangnya Masjid.

Dan mengapa mereka memakai ranting pohon karena tanah panas di gurun-gurun di Afrika yang sangat menyengat dan kadang-kadang melebihi Lima puluh derajat. Alasan lain adalah karena mereka juga tidak memiliki sepatu. Subhanallah. 

Dalam kuatnya aqidah, Panasnya dunia tak mampu menghalangi mereka dalam ketaatan. Beda dengan kita, yang mudah melalaikan perintah agama hanya karena disibukkan dengan perkara dunia. 

Semoga menjadi teguran keras bagi saya dan kalian semua, umat islam di dunia. 

Akhukum fillah,

Lalu bagaimana dengan diri kita? Apakah iya waktu beribadah yang mungkin cuma beberapa menit dalam sehari itu pun masih kita sepelekan? Meskipun beberapa netizen telah mengetahui bahwa Somalia sekarang telah menjadi negara yang berbenah, hingga foto tersebut nyatanya hanya kepingan masa lalu.

Lantas apa iya kita tak ingin menengok sebentar ke masa lalu untuk mempelajarinya dan memperbaiki masa depan yang lebih baik?
SHARE ARTIKEL