Ini Efeknya Jika Kita Rutin Membaca Al-Qur’an Usai Subuh dan Maghrib. MasyaAllah

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 10 May 2017

Ini Efeknya Jika Kita Rutin Membaca Al-Qur’an Usai Subuh dan Maghrib. MasyaAllah
Wordpress.com

Kita semua tahu dan sepakat bahwa membaca Al Qur'an mempunyai banyak keutamaan. Selain pahala yang kita dapatkan, Al Qur'an adalah penolong kita kelak di hari kiamat.

Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Begitu besar pahala membaca Al Qur'an dijelaskan oleh Rasulullah SAW,
Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Dan jika kita ingin mendapatkan keutamaan membaca Al Qur'an tentunya kita mesti tahu waktu-waktu yang dianjurkan untuk membacanya.

Bedasarkan penelitian yang sudah dilakukan, membaca Al-Qur’an setelah Maghrib dan juga Subuh itu bisa meningkatkan kecerdasan hingga 80% hal itu disebabkan lantaran adanya pergantian dari siang kepada malam dan sebaliknya dari malam kepada siang.

Disamping itu juga ada tiga aktivitas yang sebenarnya mungkin tidak kita sadari yaitu Membaca, Mendengar dan juga Melihat. Dan inilah beberapa jawaban mengapa hal tersebut bisa menyebabkan orang menjadi lebih kuat ingatannya dan kecerdasannya.

Ini Efeknya Jika Kita Rutin Membaca Al-Qur’an Usai Subuh dan Maghrib. MasyaAllah
Tidak ada lagi bacaan yang dapat meningkatkan daya ingatan manusia dan tidak ada lagi bacaan yang dapat menenangkan bila mendengarkannya tidak lain tidak kecuali hanyalan Kitab Suci Al-Qur’an semata.

Baca Juga: Hutang Tak Kunjung Lunas Meski Usaha Sudah Mentok? Pakai Senjata Pamungkas ini!

Dr. Al Qadhi seorang yang ahli dalam kejiwaan telah melakukan beberapa penelitian yang cukup panjang dan serius yang dilakukannya di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, hanya dengan mendengarkan Bacaan Ayat – Ayat Al-Qur’an maka baik yang bukan seorang muslim dan yang seorang muslim dan bahkan yang bisa berbahasa Arab dan yang tidak bisa merasakan perubahan sebagai berikut :

Ini Efeknya Jika Kita Rutin Membaca Al-Qur’an Usai Subuh dan Maghrib. MasyaAllah
Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Al Qadhi ini bukanlah merupakan penelitian yang dilakukan secara sembarangan, penelitian Dr. Al Qadhi juga dibantu dengan perlengkapan elektronik yang modern untuk mendeteksi tekanan darah, ketahanan otot, detak jantung dan juga ketahanan kulit dari aliran listrik. Dari dari hasil uji coba bisa disimpulkan bahwa dengan membaca Al-Qur’an berpengaruh sangat besar yaitu 97% menimbulkan ketenangan pada jiwa dan juga penyembuhan penyakit.

Bahkan penelitian ini juga dilaporkan ke dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara dan pada tahun 1987 pun sudah disebutkan jika Al-Qur’an memang bisa memberikan efek positif yaitu bisa menjadikan seorang yang membacanya bahkan hanya mendengarkannya saja sudah menjadi tenang.

Bahkan Rasulullah sudah menganjurkan hal ini, sebagaimana dalam hadist,
Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

Nah, jika sudah tau mengenai manfaatnya cobalah dari 24 jam waktu yang kita miliki setiap harinya luangkan sedikit waktu anda untuk Allah SWT untuk membaca, mendengar dan juga melihat Al-Qur’an.

SHARE ARTIKEL