Ingin Anak Jadi Hafiz? Ini 3 Pesantren Terbaik untuk Menghafal Al-Qur’an di Indonesia

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 19 May 2017
Ingin Anak Jadi Hafiz? Ini 3 Pesantren Terbaik untuk Menghafal Al-Qur’an di Indonesia
youtube.com

Semua pesantren itu baik, karena tempat menuntut ilmu agama. Itu pesan yang ingin kami sampaikan. Tapi memang ada beberapa pesantren yang punya sistem lebih baik dalam mendidik para santrinya.

Dalam sebuah pesantren santri tak hanya diajari ukhrawi tetapi juga duniawi serta bagaimana nantinya saat mereka terjun di masyarakat. Sehingga nantinya, para santri yang sudah lulus, diharapkan akan benar-benar siap untuk terjun di masyarakat yang sesungguhnya.

Tak dipungkiri lingkungan pondok pesantren memang menjadi satu-satunya lingkungan yang kondusif untuk belajar ilmu agama.

Jadi tak perlu heran lagi kalau banyak dari orang tua, yang menitipkan anaknya kepada lembaga, yang harapan ke depannya adalah, agar ia bisa menjadi seorang pemimpin dalam keluarga, maupun orang-orang disekitarnya.

Kalau tidak bisa, minimal ia bisa menuntun dirinya maupun keluarganya, agar dijauhi dari api neraka.

Nah, karena semakin berkembangnya zaman, begitupula yang terjadi dengan pesantren. Umumnya, pesantren adalah tempat yang mengajarkan tentang ilmu-ilmu keagamaan.

Tapi kalau dilihat sekarang, sudah tidak sedikit juga pesantren-pesantren yang mangajarkan ilmu duniawi. Misalnya pesantren bisnis, pesantren internet marketing, dan pesantren menghafal qur’an.

Baca Juga: Mencintai Anak Istri adalah Ibadah, Mencukupi Kebutuhannya adalah Sedekah

Bila saat ini anda mencari referensi, berikut pesantren yang baik di Indonesia menurut inewbiee.com. 

1. Daarul Qur’an
Pesantren Daarul Qur’an memang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat sebagai salah satu lembaga tahfidz qur’an yang terbaik se-Indonesia.

Selain itu, pada pesantren yang dikenal juga dengan nama DQ ini, juga sudah mendapatkan penghargaan Tahfidz Award sebagai Lembaga Tahfidz Terbaik yang ada di dunia.

Seperti yang sudah dilansir di republika, Ustadz Yusuf Mansur ketika itu diundang oleh imam Masjidil Haram, dan imam Masjid Nabawi untuk datang ke Makkah, sekaligus melaksanakan ibadah umrah.

“Saya sekalian umrah, diundang oleh Khoodimul Haroomain asy-Syariifain, ke kota suci Makkah untuk menghadiri penghargaan Daarul Qur’an untuk mewakili Indonesia.” tuturnya.

Beliau juga menambahkan, “Penghargaan tersebut juga menyisihkan 65 negara lain, dan alhamdulillah dipilih oleh Allah swt sebagai Lembaga Tahfidz Terbaik sedunia,” jelasnya.

Nah, pesantren yang merupakan terbaik dalam tahfidz-nya ini, sekarang masih terus melakukan perkembangan agar menjadi semakin baik, dan semoga bisa terus membuat kita maupun umat Islam seluruhnya, terutama di Indonesia, agar semakin berkhidmat kepada Al-Qur’an.

2. Wadi Mubarok
Wadi mubarok merupakan sebuah lembaga yang memiliki tujuan, mengkader para santrinya untuk bisa menjadi iman dan da’i di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Selain itu, pondok pesantren tahfidz yang satu ini juga dikenal dengan nama LKID, yang merupakan singkatan dari lembaga kaderisasi imam dan da’i, tepat seperti orientasinya.

Pesantren  yang satu ini, adalah pesantren menghafal qur’an ke-2 terbaik loh se-Indonesia.

Kok bisa? Iya, karena syaratnya untuk bisa wisuda disana, kamu harus bisa menyelesaikan hafalan Al-Qur’anmu, hanya dalam 1 tahun saja. Menantang bukan?

Buat kamu yang bertanya tentang biaya, pastinya sudah terfikir bukan, kalau biaya yang diperlukan tentunya akan sangat besar untuk bisa menjadi salah satu santrinya.

Tapi tenang, ternyata pesantren yang satu ini tidak memerlukan biaya kok untuk bisa menjadi salah satu santrinya, alias gratis.

Syaratya, kamu harus bisa lulus ujian seleksi pendaftarannya, yakni bisa menghafal Al-Qur’an 11/2lembar per hari, tepatnya 3 halaman.

Nih yang paling keren lagi, disana juga ada ikhwan-akwat. Jadi selesai ngehafal qur’an dan lulus. Buat kamu yang mau nikah, langsung bisa ngajuin deh ke pemimpin pondoknya buat ngelamar hafidz, ataupun hafidzoh-nya. Impian banget bukan?

Baca Juga: Puasa Nggak Kuat, Fidyah pun Nggak Mampu. Tenang Ini Solusinya!

3. Darul Qur’an Mulia
Darul Quran Mulia tenyata masuk juga loh kedalam daftar pondok pesantren yang menjadi favorit dan paling dicari, khususnya dalam kategori pondok yang baik dari sisi kualitas agama, dan hal pendidikannya.

Lokasi pondok pesantrennya, terletak di perbatasan antara kota Serpong dan Bogor.

Selain memiliki target menghafal Al-Qur’an, pondok pesantren ini juga tidak bisa diremehkan dalam segi akademik-nya.

Sehingga bisa dipastikan, para alumni-alumninyanya akan mendapatkan ilmu yang tinggi dari sisi agama, namun juga bagus dalam kualitas akademisnya.

Karena keterbatasan informasi dan sumber, mohon maaf apabila ada pondok pesantren lainnya yang belum disebutkan.
SHARE ARTIKEL