Di Hari Inilah Muhammadiyah Awali Puasa, Jangan Sampai Tidak Tahu

Penulis Unknown | Ditayangkan 26 May 2017

Warga Muhammadiyah sudah memastikan awal waktu puasa Ramadhan, yakni Sabtu 27 Mei besok. Keputusan itu diambil dari hisab Wujudul Hilal yang menjadi pedoman golongan Muhammadiyah.  "Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017," ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Jakarta, Selasa 14 Maret 2017.

Di Hari Inilah Muhammadiyah Awali Puasa, Jangan Sampai Tidak Tahu

BACA JUGA: Anak Suka Gigit Kuku? STOP! Jangan Dibiarkan, Akibatnya Sangat Mengerikan..

Dikutip dari liputan6, dia menjelaskan, posisi hilal jelang ramadan berada pada 7 derajat. Dalam posisi itu, di seluruh wilayah Indonesia saat matahari terbenam, bulan berada di atas ufuk. Begitu juga dengan awal Idul Fitri 1 Syawal 1438 H yang akan jatuh pada 25 Juni 2017. “Tanggal 1 Syawal 1438 jatuh pada Ahad, 25 Juni 2017," kata dia.

Menurut dia, penetapan Idul Fitri itu berdasarkan wujudul hilal yang sudah berada di atas 4 derajat. Karena itu, dia berharap Lebaran tahun ini akan berbarengan dengan keputusan pemerintah.

"Kemungkinan akan sama dengan pemerintah. Karena kan posisi hilal saat itu berada di sekitar 7 derajat. Sudah tinggi. Nah pemerintah walaupun menggunakan rukyatul hilal biasanya di atas 4 derajat itu sudah masuk rukyat (terlihat), bahkan ada pendapat kalau 2 derajat, sudah rukyat," jelas dia.

Meski telah terlebih dulu menentukan momen itu, Mu'ti menegaskan pihaknya akan menghadiri sidang isbat awal Ramadan yang digelar pemerintah untuk menentukan hari besar Islam. Namun begitu, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

"Seperti sidang isbat tidak disiarkan langsung oleh media. Kemudian jika terjadi perbedaan pendapat, harus dimasukkan ke dalam pertimbangan pengambilan keputusan agar tidak ada pendapat kelompok tertentu yang merasa diabaikan," ujar Mu'ti.

SHARE ARTIKEL