Siapa Saja Berbuat Durhaka Kepada Orang Tua Maka Azab Allah Dengan Cepat Menghampirimu

Penulis Penulis | Ditayangkan 11 Apr 2017
Siapa Saja Berbuat Durhaka Kepada Orang Tua Maka Azab Allah Dengan Cepat Menghampirimu

Sudah banyak sekali kisah tentang anak yang durhaka pada orang tuanya, salah satu kisah yang sudah terkenal di negeri ini tentang maling kundang yang tidak mau mengakui ibunya kemudian ia dikutuk menjadi batu, atau kisah seorang anak yang berubah menjadi anjing setelah menendang ibunya ketika shalat.

Anak yang durhaka kepada orang tua, terutama kepada ibunya, cepat atau lambat pasti akan terkena azab (siksa) didunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia tapi juga akan diadzab di akhirat, karena durhaka pada orang tua adalah jenis dosa yang besar.

dalam sebuah hadits di riwayatkan:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: كُلُّ الذُّنُوبِ يُؤَخِّرُ اللَّهُ تَعَالَى مِنْهَا مَا شَاءَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ، إِلَّا عُقُوقَ الْوَالِدَيْنِ ، فَإِنَّهُ يُعَجِّلُهُ لِصَاحِبِهِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا قَبْلَ الْمَمَاتِ
Artinya: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabada,

”Setiap dosa-dosa, Allah Ta’ala mengakhirkan (balasannya), sebagaimana yang Dia kehendaki dari dosa-dosa itu hingga hari kiamat. Kecuali durhaka kepada kedua orangtuanya, sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) nya bagi pelakunya saat hidup di dunia sebelum wafat.” (Riwayat At Thabarani dan Al Hakim, dishahihkan oleh Al Hakim dan As Suyuthi)

Al Munawi menyatakan bahwa Allah Ta’ala akan mengakhirkan balasan setiap dosa-dosa di hari kiamat. Maka di hari itu para pelakunya memperolah balasannya jika Allah menghendaki.

ARTIKEL PILIHAN:  5 Dampak yang Berimbas Pada Anak Jika Orang Tua Banyak Amal Salih

Kecuali hukuman bagi siapa yang berbuat durhaka kepada kedua orangtua, yakni kedua orangtua kandung Muslim, maka Allah akan menyegerakan adzab untuknya di dunia.

Dan bagi mereka yang telah melakukan perbuatan durhaka kepada kedua orangtua, hendaklah mereka tidak terlena dengan diakhirkannya beberapa lama dampak dari dosa itu, karena balasan itu pasti akan terjadi meski di waktu yang lama.

Imam Ad Dzahabi sendiri menyebutkan bahwa durhaka kepada kedua orangtua termasuk dosa besar. Dan hal itu sudah disepakati para ulama. (lihat, Faidh Al Qadir, 5/ 40) dikutip dari islamidia.com
SHARE ARTIKEL