Meski Proses Mudah dan Cepat, Hutang di Bank Bisa Datangkan Ancaman Tak Main-main Ini!

Penulis Unknown | Ditayangkan 04 Apr 2017
Meski Proses Mudah dan Cepat, Hutang di Bank Bisa Datangkan Ancaman Tak Main-main Ini!

Memang siapa yang ingin terjebak dengan kesulitan dan masalah yang berlarut-larut? Tentu saja semua orang tak ingin terlalu mengambil risiko yang bisa membuat dirinya dan kelurga menjadi tertanggung dalam sebuah tanggung jawab yang berat. Salah satunya adalah berhutang. Ya, hutang yang cukup mudah menerima, namun berat ketika mengembalikan.

Baca juga : Arwah Penasaran Karena Hutang Belum Lunas! Benarkah Demikian?

Dalam kehidupan sekarang ini, banyak kita dapatkan di sekeliling kita, kaum muslimin yang bermudah-mudah mencari jalan pintas mendapatkan harta, seperti mobil dan rumah, dengan melakukan transaksi riba salah satu dari transaksi riba adalah meminjam uang di bank. Meminjam uang di bank merupakan transaksi riba karena kita akan mengembalikan pinjaman dengan ada tambahan bunga.

Hukum Riba

Seperti kita ketahui bersama dan ini bukanlah suatu hal yang asing lagi bahwa riba adalah sesuatu yang diharamkan dalam syari’at Islam sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah Subhanahuwata’ala yang artinya:

Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” [QS. Al Baqarah: 275]

Ancaman Orang Yang Melakukan Transaksi Riba

Sudah tahu bukan, jika riba telah mendatangkan murka Allah SWT apabila dilakukan. Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan tentang ancaman kepada orang-orang yang melakukan transaksi riba diantaranya adalah sebagai berikut:

Pemakan Riba Akan Berenang Di Sungai Darah

Kami mendatangi sungai yang airnya merah seperti darah. Tiba-tiba ada seorang lelaki yang yang berenang di dalamnya, dan di tepi sungai ada orang yang mengumpulkan batu banyak sekali. Lalu orang yang berenang itu mendatangi orang yang telah mengumpulkan batu, sembari membuka mulutnya dan orang yang mengumpulkan batu tadi akhirnya menyuapi batu ke dalam mulutnya. Orang yang berenang tersebut akhirnya pergi menjauh sambil berenang. Kemudian ia kembali lagi pada orang yang mengumpulkan batu. Setiap ia kembali, ia membuka mulutnya lantas disuapi batu ke dalam mulutnya. Aku berkata kepada keduanya, “Apa yang sedang mereka lakukan berdua?” Mereka berdua berkata kepadaku, “Berangkatlah, berangkatlah.” Maka kami pun berangkat.”

“Adapun orang yang datang dan berenang di sungai lalu disuapi batu, itulah pemakan riba.” (HR. Bukhari, no. 7047)

Dosa riba yang paling ringan seperti menzinai ibu kandung sendiri

Riba itu ada tujuh puluh dosa. Yang paling ringan adalah seperti seseorang menzinai ibu kandungnya sendiri.” (HR. Ibnu Majah, no. 2274

Badan yang tumbuh dari harta yang haram akan berhak disentuh api neraka

Wahai Ka’ab bin ‘Ujroh, sesungguhnya daging badan yang tumbuh berkembang dari sesuatu yang haram akan berhak dibakar dalam api neraka.” (HR. Tirmidzi, no. 614

Meski Proses Mudah dan Cepat, Hutang di Bank Bisa Datangkan Ancaman Tak Main-main Ini!

Baca juga : Tersenyum Memang Ibadah, Namun Banyak Tertawa Bisa Sangat Berbahaya!

Akan dibangkitkan dari Kubur dalam Kondisi Gila

Orang-orang yang makan (mengambil) riba, tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat) bahwa sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Baqarah [2]: 275)

Bagi yang Sudah Terlanjur

Bagi anda yang telah terlanjur pinjam bank, baik untuk modal maupun untuk konsumtif, seperti rumah dan kendaraan, sebisa mungkin agar segera dilunasi, dan komitmen untuk tidak semakin memperparah bunganya. Karena ini berarti semakin banyak memberi makan riba kepada bank.

Astaghfirullah, sungguhlah mengerikan apabila ada orang yang dengan sengaja memakan harta riba. Benar memang berniat untuk membantu, namun mengharuskan untuk mengembalikan dengan tambahan yang sudah pasti menjerat si peminjam. Semoga kita semua terhindar dari perbuatan seperti itu, baik berhutang maupun memberikan pinjaman dengan riba.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb