Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Penulis Unknown | Ditayangkan 13 Apr 2017

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa ada interaksi dengan manusia lainnya. Maka, kehadiran tetangga dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim sangat dibutuhkan. Allah SWT berfirman, “Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh.” (QS. An Nisa: 36)

Maka dari itulah sebagai salah satu mahkluk yang tak akan mungkin bisa berdiri sendiri di bumi ini, kita akan senantiasa membutuhkan bantuan orang lain entah itu hal kecil sekalipun. Sehingga manusia yang sudah pasti mempunyai tetangga di sekitar rumahnnya haruslaha mempunyai adab terhadapnya. Berikut ini beberapa adab dalam bertetangga yang dianjurkan bagi setiap orang.

Tidak mengganggu tetangga

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Usahakan semaksimal mungkin untuk tidak menghalangi mereka mendapatkan sinar matahari atau udara. Kita juga tidak boleh melampaui batas tanah milik tetangga kita, baik dengan merusak ataupun mengubah, karena hal tersebut dapat menyakiti perasaannya.

Artikel pilihan : Rezeki Cuma Tentang Harta dan Tahta? Ternyata dalam Islam Lebih dari Itu!

Dan termasuk hak-hak bertetangga adalah tidak menghalangi tetangga untuk menancapkan kayu atau meletakkannya di atas dinding untuk membangun kamar atau semisalnya. Sebagaimana telah dijelaskan oleh Rasul kita shallallahu ‘alaihi wassallam yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,

Janganlah salah seorang di antara kalian melarang tetangganya menancapkan kayu di dinding (tembok)nya” (HR.Bukhari (no.1609); Muslim (no.2463); dan lafazh hadits ini menurut riwayat beliau; Ahmad (no.7236); at-Tirmidzi (no.1353); Abu Dawud (no.3634); Ibnu Majah (no.2335); dan Malik (no.1462)).

Akan tetapi, diperbolehkannya menyandarkan kayu ke dinding tetangga dengan beberapa syarat,

  • pertama, tidak merusak atau merobohkan dinding tembok;
  • kedua, dia sangat membutuhkan untuk meletakkan kayu itu di dinding tetangganya;
  • ketiga, tidak ada cara lain yang memungkinkan untuk membangun selain menyandarkan kepada tembok tetangga.

Apabila salah satu atau sebagian dari ketentuan di atas tidak dipenuhi maka tetangga tidak boleh memanfaatkan bangunan dan menyandarkannya kepada tembok tetangganya karena akan menimbulkan mudharat yang telah terlarang secara syari’at, “Tidak boleh memberi bahaya dan membahayakan orang lain” (HR. Ibnu Majah (no.2340); dan Syaikh Al-Albani menshahihkannya (no.1910,1911)).

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir maka janganlah dia mengganggu tetangganya’”(HR. Bukhari (no.1609); Muslim (no.2463); dan lafazh hadits ini menurut riwayat beliau, Ahmad (no.7236); at-Tirmidzi (no.1353); Abu Dawud (no.3634); Ibnu Majah (no.2335); dan Malik (no.1462)).

Saling menghormati antar tetangga

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya” (Muttafaq ‘alaih).

Saling memelihara hak

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, aku memiliki dua tetangga, manakah yang aku beri hadiah?’ Nabi menjawab,

Yang pintunya paling dekat dengan rumahmu’
(HR. Bukhari (no.6020); Ahmad (no.24895); dan Abu Dawud (no.5155)).

Memberi makanan kepada tetangga

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Rasulullah shallallahu ‘alahi wassalam bersabda kepada Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu,

Wahai Abu Dzar, apabila kamu memasak sayur (daging kuah) maka perbanyaklah airnya dan berilah tetanggamu” (HR. Muslim)

dalam riwayat lain Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda

Bukan mukmin, orang yang kenyang perutnya sedang tetangga sebelahnya kelaparan
(HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubra 18108, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 149)

Menjaga kesabaran apabila tetangga berbuat khilaf

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda (yang artinya): “Ada tiga kelompok manusia yang dicintai Allah, … Disebutkan diantaranya: “Seseorang yang mempunyai tetangga, ia selalu disakiti (diganggu) oleh tetangganya, namun ia sabar atas gangguannya itu hingga keduanya dipisah boleh kematian atau keberangkatannya” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Bertoleransi kepada tetangga

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Rasulullah Bersabda:

Jibril senantiasa menasehatiku tentang tetangga, hingga aku mengira bahwa tetangga itu akan mendapat bagian harta waris

Al ‘Aini menuturkan: “Kata al jaar (tetangga) di sini mencakup muslim, kafir, ahli ibadah, orang fasiq, orang jujur, orang jahat, orang pendatang, orang asli pribumi, orang yang memberi manfaaat, orang yang suka mengganggu, karib kerabat, ajnabi, baik yang dekat rumahnya atau agak jauh” (Umdatul Qaari, 22/108)


Artikel pilihan : Mau Pilih Jodoh Janda atau Perawan, Rasulullah Sudah Memberi Penjelasannya

Tidak menjelek-jelekkan tetangga

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya oleh seorang sahabat,”Wahai Rasulullah, sesungguhnya Fulanah rajin shalat malam, rajin pula shaum pada siang hari dan gemar bersedekah, tapi dia menyakiti tetangganya dengan lisannya! Maka Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab.

tidak ada kebaikan padanya, dia termasuk penghuni neraka”. Lalu sahabat itu bertanya lagi,”Fulanah (wanita) yang lain rajin shalat fardlu, gemar bersedekah dengan sepotong keju dan tidak pernah menyakiti seorang pun". Maka Beliau menjawab, ”Dia termasuk penduduk surga". [HR Bukhari dalam Al Adab Al Mufrad no: 119 dan dishahihkan oleh Al Albani. Lihat Min Adabil Islam hal. 32 ]

Dalam riwayat lain, dari Syuraih bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman”. Beliau ditanya,”Siapa wahai Rasulullah?. Beliau menjawab,”Orang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya. [HR Bukhari no: 5557 ]

Ibnu Baththal berkata, “Dalam hadits di atas terdapat penekanan besarnya hak tetangga, karena Beliau sampai bersumpah tentang hal itu. Bahkan Beliau mengulangi sumpahnya sampai tiga kali. Dalam hadits tersebut juga terdapat isyarat penafian iman dari seseorang yang menyakiti tetangganya, baik dengan ucapan ataupun dengan perbuatan. Maksud (penafian disini) adalah (penafian) iman yang sempurna, dan tidak diragukan lagi bahwa seorang yang bermaksiat keimanannya tidak sempurna” [Fathhul Bari kitab Al Adab (53/13). Lihat Qawaid wa Fawaid hal. 140]

Jangan Ngaku Tetangga yang Baik, Kalaupun Belum Tahu Hal Ini!

SHARE ARTIKEL