Begitu Taatnya Iblis Kepada Allah SWT Sebelum Membangkang. Manusia-pun Sampai Kalah

Penulis Unknown | Ditayangkan 18 Apr 2017
Sebagai umat muslim, kita wajib meyakini makhluk yang tidak kasat mata, seperti malaikat, iblis, setan dan juga jin. Iblis sendiri, sangatlah membangkang kepada Allah SWT, bahkan dirinya juga menghasut manusia untuk berpaling dari-Nya.

Begitu Taatnya Iblis Kepada Allah SWT Sebelum Membangkang. Manusia-pun Sampai Kalah

BACA JUGA: Hati-Hati Mur Baut di Ruang Ganti Mall! Bisa Jadi Sudah 'Ditanam' Kamera di Dalamnya!

Padahal sebelumnya iblis sangatlah taat kepada Allah SWT. Hingga akhirnya makhluk yang diberi nama Azazil ini memilih untuk membangkang. Bahkan malaikat sampai menangis saat Allah menjadikan iblis makhluk paling laknat. Lantas, seperti apa ya ketaatannya?

Iblis yang merupakan musuh dari manusia, ternyata dulunya begitu taat kepada Allah SWT. Bahkan iblis disebut sebagai salah satu makhluk ahli ibadah. Dalam kitan Al-Ghazali juga disebutkan jika iblis pernah tinggal di langit ketujuh karena ketaatannya. Setiap beribadah 1000 tahun, Allah akan menaikkan ke langit selanjutnya.

Pada langit pertama, Iblis diberi julukan Al-Abid atau ahli ibadah, setelah seribu tahun di sana, Ia dinaikkan ke langit kedua dengan julukan Az-Zahid (iblis ahli ibadah). Setelah seribu tahun beribadah, Allah kembali mengangkatnya ke langit ketiga dan mendapat julukan al-Arif.

Pada langit keempat, namanya adalah al-Wali. Pada langit kelima, namanya disebut at-Taqi. Pada langit keenam namanya disebut al-Kazin. Pada langit ketujuh namanya disebut Azazil manakala dalam Luh Mahfudz, namanya ialah iblis.

Bahkan, karena begitu taatnya Allah mengangkatnya ke derajat Al-Muqarrabun, yaitu derajat tertinggi di sisi Allah. Lebih dari itu, Allah menobatkan Azazil sebagai imam para malaikat yang berkedudukan di langit.

Dalam Kitab hadist Sholawatul kabul akhbar karangan Syaikh Taftazani bin Basyumi dijelaskan bahwa Allah SWT memberikan mandat yang begitu mulia, yakni penjaga pintu surga selama 40 ribu tahun, hidup bersama malaikat selama 80 ribu, menjadi penasehat malaikat selama 20 ribu, menjadi pemimpin malaikat karobiyyun dalam waktu 30 ribu tahun. Iblis juga melakuka thowaf mengelilingi Arsy bersama malaikat selama 14 ribu tahun.

Namun sayang, ibadah yang lama tersebut tidak dihiraukan Allah ketika Iblis melanggar sekali kesalahan. Ia begitu sombong kepada Allah ketika diperintahkan untuk sujud kepada Adam. Hal ini muncul karena iblis begitu iri karena Allah SWT akan mengutus manusia menjadi pemimpin di bumi. Sementara Ia , menganggap dirinya lebih baik dan lebih taat kepada Allah

"Dan ingatlah ketika kami berfirman kepada para malaikat "Sujudlah kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan Jin, maka ia mendurhakai Tuhannya" (Q.S Alkahfi: 50) ........... ⠀ . ⠀ .."Dan (ingatkanlah peristiwa) ketika Kami berfirman kepada malaikat: Sujudlah kamu kepada Adam; maka mereka sujudlah melainkan iblis; dia berkata: Patutkah aku sujud kepada (makhluk) yang Engkau jadikan dari tanah (yang di adun)? Israa [61]" ⠀ ................. . ⠀

Sejak saat itu, Iblis diusir dari langit dan mendeklarasikan diri sebagai musuh Allah.
SHARE ARTIKEL