"Ayah Pilihkan Calon Suami Terbaik Untukku"

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 30 Apr 2017


Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, namun terkadang ada anak yang tidak mengerti hal ini. Banyak anak yang tidak berbhakti kepada orangtua. Tidak mematuhi perintah syar'i yang diberikan oleh orang tuanya.

Sama seperti urusan jodoh. Seorang ayah adalah wali dari anak perempuannya, yang ikut mempunyai andil besar dalam memilih calon suami anaknya tersebut.

Maka, para ayah, pasti inginkan calon yang terbaik untuk anak perempuannya. Karena bila sudah terlanjur menikah maka sulit untuk menariknya kembali dan membatalkan keinginan dengan seenaknya.

Mengutip islampos.com, Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata “Janganlah kamu menikahkan putrimu kecuali dengan laki-laki yang bertakwa. Karena jika dia mencintai istrinya maka akan memuliakannya dan jika tidak suka maka tidak akan mendzaliminya.”

Wahai ayah,
Engkau tahu mengapa laki-laki tidak perlu ada wali nikah sedangkan wanita wajib?

Karena tugas wali adalah menjaga anak perempuannya dari laki-laki tidak bertakwa yang hanya ingin manisnya saja, lalu dibuang dan dihempaskan.

Anak perempuan mudah sekali terlena bahkan “gelap mata”. Dengan romatis sesaat & pengorbanan semu laki-laki padahal ia rubah bertopeng kelinci. Karena itu terkadang banyak anak perempuan yang suka membantah orangtua karena mereka gelap mata pada pria yang terlanjur diberinya "segala sesuatu dari dirinya".

Karena itu tugas engkau wahai ayah, karena anak perempuan mu akan menjadi “tawanan” suaminya, susah lepas karena terikat.

Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Hendaknya kalian berwasiat yang baik untuk para wanita karena mereka sesungguhnya hanyalah tawanan yang TERTAWAN oleh kalian,” (HR At-Thirmidzi no 1163, Ibnu Majah no 1851 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)

Baca Juga: Begini 6 Shalat Orang yang Ditemani Setan. Naudzubilahimindzalik!

Tugas kalian wahai ayah:

1) Perbaiki diri kalian dengan takwa dan kebaikan
Malu dan malu, jika ada laki-laki melamar anak perempuan-mu dan sifak akhlaknya mirip seperti engkau

2) Segera nikahkan jika laki-laki yang datang TERBUKTI baik agama dan akhlaknya
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila datang kepada kalian orang yang kalian ridhai akhlak dan agamnya, maka nikahkanlah ia, jika tidak kalian lakukan akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang luas,” (HR. Tirmidzi dihasankan oleh syaikh Al-Albani dalam shahih Tirzmidi).
SHARE ARTIKEL