Wah, Bayi Usia 19 Bulan Ini Sudah Bisa Membaca

 21 Mar 2017  Cang Karna
Wah, Bayi Usia 19 Bulan Ini Sudah Bisa Membaca

Bayi bernama Carter Whiteside 19 bulan, yang berasal dari North Carolina, Amerika, ini mempunyai kemahiran membaca ratusan patah kata!

Whiteside memegang tumpukan kartu di tangannya. Dia memerhatikan setiap satuk kartu tersebut sebelum membaca perkataan di atasnya.

Setelah dia melihat tulisan yang tertera pada kartu pertama, dia menyebut ‘are’ dan kemudian meletakkan tersebut di tepi. Dia terus menyebut perkataan lain pada setiap kartu.

Pasa saat dia menemui selembar kartu yang terbalik. Bayi pintar ini memperhatikan kartu yang terbalik tersebut sebelum akhirnya dia membetulkan posisi kartu itu. Kini tulisan yang tertera telah benar . Carter kemudiannya membaca ‘made’ dan meletakkan kad itu di tepinya.

Ketika dia mendapai tulisan pada karut berikutnya semua terbalik. Dia membetulkan lembaran kartu seperti yang dilakukannya semula.

Ibunya mengatakn Carter mempunyai kemampuan menghitung hingga angka 50 dan membaca lebih 300 patah kata. Bayi itu mula mengenal perkataan pada usia 7 bulan dan mulai menyebutkannya pada umur 12 bulan.

Menakjubkan? Saksikan sendiri kebolehan luar biasa bayi ini pada video berikut:

 

KOMENTAR