Subhanallah! Meski Bersejarah, Tempatnya Modern. Inilah Museum Al-Quran Terbesar

 14 Mar 2017  Unknown
Museum Al-Quran yang terletak di sebelah Masjid Nabawi, menyimpan berbagai kitab-kitab suci umat islam yang disimpan sejak dulu kala. Bahkan usia Al-Quran disana sudah mencpai ratusan tahun. Bahkan ada juga pula yang masih menggunakan tulisan tangan dan bertintakan emas, serta Al-Quran terbesar.

Subhanallah! Meski Bersejarah, Tempatnya Modern. Inilah Museum Al-Quran Terbesar

BACA JUGA: Pasangan Ini Menjadi Viral di Medsos dan Sukses Bikin Jomblo Iri

Dikutip dari wolipop, saat masuk kesana, anda akan dipandu seorang guide yang bisa berbagai bahasa, termasuk juga bahasa Indonesia. Guide tersebut akan menerangkan setiap ruangan yang dikunjungi seputar Al-Quran sejak zaman Rasulullah hingga sekarang.

Ruangan museum dibuat dengan penerangan yang redup untuk memberikan kenyamanan. Museum tidak terlihat kuno tapi justru modern minimalis dengan dinding kayu yang etis. Setiap dinding terpampang tulisan ayat Al Quran yang dibingkai rapi dan memiliki sejarah di balik penulisannya. Salah satu yang menarik perhatian adalah Al Quran terbesar di Museum Al Quran.

Ini adalah Al Quran terbesar yang ditulis tangan dan berumur hampir 200 tahun. Al Quran ini juga memiliki berat yang fantastis mencapai 154 kg.

"Ini adalah Al Quran terbesar sedunia yang ditulis tangan. Ini ditulis dengan seorang saja bernama Ghulam Muhyiddeen, lembarannya ini juga dari kulit pohon, terdapat hampir 1.800 halaman," ujar sang pemandu.

Subhanallah! Meski Bersejarah, Tempatnya Modern. Inilah Museum Al-Quran Terbesar

Anda juga akan terpesona dengan keindahan lemari untuk menyimpannya. Lemari tersebut memiliki ukiran yang cantik bernuansa keemasan. Pemandu mengatakan kalau ukirannya dibuat asli dari gading gajah dan bercampur perak.

Jangan bayangkan Museum Al Quran yang menyimpan kitab suci umat Islam berusia ratusan tahun akan terlihat kuno. Museum ini juga mengikuti perkembangan teknologi.

Dengan mengikuti perkembangan zaman, disana juga terdapat alat bantuan untuk melihat sejarah dan membaca Al-Quran secara digital. Tak hanya itu saja, ruangan berlayar besar juga disuguhkan untuk melihat kembali ejarah diturunkannya Al-Quran Kepada Rasulullah SAW. Subhanallah.. tertarik untuk mengunjunginya?