Sering Salah Kaprah Inilah 7 Kebiasaan yang Harus Diubah Demi Kesehatan Buah Hati

Penulis Penulis | Ditayangkan 30 Mar 2017
Sering Salah Kaprah Inilah 7 Kebiasaan yang Harus Diubah Demi Kesehatan Buah Hati

Ketika saya hamil anak pertama, saya sama sekali 'buta' dengan apa yang baik dan tidak dilakukan untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Untuk belajar dan menjalani masa transisi sebagai ibu baru, saya mengandalkan tiga sumber ini: Internet, ibu dan sahabat. Akhirnya, saya pun belajar dari pengalaman dan ingin berbagi pada Anda.

Bagi Anda yang mempersiapkan kehamilan, ini 7 kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang ibu dan harus segera dihentikan, karena tidak baik untuk kesehatannya dan buah hatinya dikutip dari keluarga.com.

1. Tidak cukup tidur


Bagi kebanyakan wanita, masa kehamilan tidak dapat dihabiskan dengan memanjakan diri karena masih ada tanggung jawab pekerjaan kantor, mengurus rumah tangga, dan lain sebagainya. Namun satu hal yang penting diingat, seorang ibu hamil perlu mendapatkan jumlah tidur yang cukup.

Tubuh Anda dan bayi di dalam kandungan membutuhkan semua energi untuk berkembang. Jadi cobalah untuk pergi tidur lebih awal atau tidur siang untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup. Hampir semua ibu akan mengatakan hal ini, setelah bayi lahir biasanya Anda tidak akan pernah mendapatkan tidur yang cukup.

2. Makan untuk dua orang


Daripada mempebanyak jumlah makanan yang masuk ke tubuh, berfokuslah pada nutrisi yang Anda konsumsi sebaik mungkin untuk kesehatan asupan janin Anda. Banyak dokter yang menyarankan 200-300 kalori ekstra adalah jumlah yang tepat. Makan 5 porsi kecil sehari.

3. Tidak berolahraga


Berolahraga selama kehamilan sama pentingnya dengan asupan makanan sehat. Bahkan jika Anda tidak pernah berolahraga sebelum hamil, bergerak untuk memperlancar peredaran tubuh dan kebugaran perlu dilakukan. Minta saran dokter kandungan Anda untuk olah raga yang baik dilakukan sesuai kondisi kehamilan Anda. Usahakan untuk menyisihkan 30 menit sehari berolah raga.

4. Tidak berbicara dengan bayi Anda


Ini adalah salah satu kegiatan yang sangat penting loh! Berkomunikasi dengan bayi adalah cara yang bagus untuk memulai ikatan dengan bayi Anda sejak dini dan penting dilakukan sesering mungkin. Bingung berbicara apa? Ceritakan saja keseharian Anda, harapan Anda dan hal-hal yang ingin Anda lakukan bersamanya nanti, atau bernyanyi dan membacakan buku cerita. Awalnya Anda mungkin merasa canggung, tapi berlatihlah dan tanpa disaradi Anda akan menyukai kebiasaan baru tersebut.


5. Terlalu stres


Beberapa studi menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi selama masa kehamilan dapat menyebabkan masalah tertentu pada anak selama masa kanak-kanak. Ada juga yang berpendapat stres dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi atau sistem kekebalan tubuh. Jangan ragun meminta bantuan pada pasangan orang terdekat ataupun bantuan profesional jika Anda merasa stres selama kehamilan.

6. Tidak peduli klinik atau rumah sakit


Bukan masalah besarnya rumah sakit atau kecilnya klinik yang Anda pilih untuk per. salinan. Pilih tempat di mana Anda bisa merasakan kenyamanan untuk melakukan persalinan tersebut. Teliti dengan seksama fasilitas klinik dan rumah sakit di sekitar lingkungan Anda, pilih dokter yang dapat Anda ajak komunikasi dengan nyaman dan tidak lupa pilih yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

7. Tidak bergabung dengan kelas ibu-ibu hamil


Jika Anda bahkan tidak tahu apa itu, cari tahu secepatnya! Kelas-kelas ini menawarkan pengetahuan penting terutama untuk ibu yang baru pertama kali menjalani persalinan, Umumnya rumah sakit tempat Anda merencanakan persalinan memiliki kelas-kelas seperti ini dan relatih murah. Mempersiapkan kehadiran bayi adalah proses yang perlu persiapan matang, begitu pula dalan hal pengasuhan dan perawatannya nanti. Persiapkan diri Anda!
SHARE ARTIKEL