Mau Keren dengan Tindik? Tanya Pandangan Islam Tentangnya Lebih Dulu Yuk!

Penulis Unknown | Ditayangkan 06 Mar 2017

Mau Keren dengan Tindik? Tanya Pandangan Islam Tentangnya Lebih Dulu Yuk!

Siapa yang tak mengenal istilah piercings atau di Indonesia sendiri dikenal dengan nama tindik. Benar sekali, sebuah aksesoris yang menghujam pada bagian tubuh tertentu, dimana banyak yang merasa mendapatkan kepercayaan diri, namun lebih dikenal terlebih dahulu di kalangan anak punk yang kerap menggunakannya.

Baca juga : Mengapa Islam Melarang Minum Sambil Berdiri? Ternyata Ini Jawabannya!

Memang jika dilihat, di era sekarang ini banyak sekali yang menggunakan tindik sebagai salah satu identitas diri. Bukan hanya di kalangan orang biasa, artis dalam negeri dan luar negeri pun ada yang menindik tubuh mereka. Mungkin karena hal itu pulalah, maka banyak yang menginginkan hal serupa seperti pada idola mereka.

Akan tetapi sebelum berpikiran untuk menindik bagian tubuh, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada keluarga dan pastinya dokter untuk menghindari risiko kesehatan akibat penggunaan tindik tersebut. Jika memang sudah tak ada masalah, bagaimana jika kita mengulik hal tersebut dalam pandangan Islam?

Nah, jika tindakan menindik tersebut menimbulkan bahaya bagi kesehatan, baik cepat atau lambat, maka perkara tersebut diharamkan dan tidak dihalalkan melakukannya di bagian tubuh mana saja. Telah dijelaskan dalam situs kami penjelasan tentang dampak negatif dari menggantungkan perhiasan di bibir dan lidah.

Kemudian, jika tindikan tersebut dilakukan di bagian tertentu dalam tubuh dan hal itu merupakan kebiasaan orang-orang kafir dan fasik serta orang gila dan pelaku maksiat, maka tidak dihalalkan menyerupai mereka.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menyerupai satu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Abu Daud, no. 4031. Dinyatakan hasan oleh Al-Hafiz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, 10/282).

Demikian pula diharamkan bagi orang laki melakukan tindik untuk memakai perhiasan di bagian tubuh mana saja. Karena perbuatan ini menyerupai wanita.

Mau Keren dengan Tindik? Tanya Pandangan Islam Tentangnya Lebih Dulu Yuk!

Baca juga : Tak Pernah Putus, Pahala dari Hal Ini Buat Makin Dekat dengan Surga!

Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma, dia berkata, “Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki. Beliau berkata, Keluarkan mereka dari rumah-rumah kalian.” (HR. Bukhari, no. 5885)

Ibnu Abidin rahimahullah berkata, “Menindik telinga untuk memakai anting merupakan perhiasan wanita, maka tidak dihalalkan bagi laki-laki.” (Raddul Muhtar, 6/420).

Lebih baik gunakan aksesoris yang tak menyakiti bagian tubuh, misalnya saja dengan sepatu yang punya corak menarik, koleksi topi, atau bagi wanita menggunakan hijab untuk semakin mempercantik diri. Bagaimana menurutmu?
SHARE ARTIKEL