Masih Pacaran Kok Shalat Jamaah Berdua, Seperti Ayah Bunda Saja

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 28 Mar 2017
Masih Pacaran Kok Shalat Jamaah Berdua, Seperti Ayah Bunda Saja

youtube.com

Kamu saat ini yang masih pacaran. Memang bener shalat tak boleh ditinggalkan, tapi kok pacaran? Pacaran saja sudah tidak boleh, mau nambah dosa lagi.

Apakah boleh seorang laki laki shalat berjamaah hanya berdua dengan perempuan yang bukan mahram?

Disebutkan dalam kitab Al-Muhaddzab sebagai berikut,

Seorang laki-laki dimakruhkan shalat dengan perempuan yang bukan mahramnya (bukan muhrim menurut istilah orang awam, pen.). Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan, “Tidak boleh seorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang perempuan karena yang ketiganya adalah setan.”

Imam Nawawi dalam syarhnya menjelaskan, “Yang dimaksud makruh di sini adalah makruh tahrim alias haram. Itu dinyatakan haram jika memang berdua-duaan.”

Ulama Syafiiyah menyatakan bahwa jika seseorang laki-laki mengimami istri atau mahramnya dengan hanya berdua-duaan, seperti itu boleh dan tidak dinyatakan makruh.

ARTIKEL PILIHAN

4 Cara Agar Tak Terkena Kanker Mulut Rahim yang Menakutkan Seperti Diderita Jupe

Alasannya, karena di luar shalat saja mereka boleh berdua-duaan dengan istri dan mahram.

Sedangkan jika yang diimami oleh laki-laki adalah satu wanita yang bukan mahram, maka haram bagi laki-laki dan perempuannya.

Dikutip dari Rumaysho.com, adapun jika mengimami banyak wanita lalu laki-laki yang jadi imam itu seorang diri, maka dibolehkan menurut jumhur (kebanyakan ulama). Demikian pula menjadi pendapat ulama Syafi’iyah seperti yang dinyatakan oleh Ar-Rafi’i.

Adapun hadits yang membahas masalah ini, diriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hati-hatilah masuk pada wanita.”

Lantas seorang dari kalangan Anshar berujar, “Apa pendapatmu mengenai al-hamwu (ipar)?”

Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ipar itu maut.” (HR. Bukhari; Muslim).[]

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb