Lakukanlah 9 Tips Berikut Ini Apabila Ingin Mempunyai Anak Yang Cerdas

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 31 Mar 2017
Lakukanlah 9 Tips Berikut Ini Apabila Ingin Mempunyai Anak Yang Cerdas

Sahabat, Banyak orang tua yang mengeluh ketika anak-anak mereka malas mengerjakan PR, mengulang pelajaran atau belajar untuk persiapan ujian. Tidak jarang, keinginan orang tua agar anak rajin belajar di rumah ini berbenturan dengan keinginan anak untuk bermain.


Sehingga bukan tidak mungkin orang tua menjadi stress, anak menjadi stress, atau keduanya sama-sama stress. Tidak perlu khawatir Sahabat Ummi, karena dunia anak usia di bawah 12 tahun memang didominasi oleh dunia bermain.

Jadi untuk membuat anak senang belajar, orang tua harus masuk ke dunia mereka untuk menciptakan suasana menyenangkan dan anak merasa seperti bermain. Seperti apakah suasana menyenangkan bagi anak? Berikut cara-caranya:

1.Tidak perlu belajar dengan gaya formal

Seperti sambil duduk di meja belajar dan dikelilingi buku-buku pelajarannya. Tentu si anak akan cepat jenuh, apalagi mereka sudah seharian berkutat dengan buku-bukunya di sekolah.

Belajarlah dengan gaya rileks dan pilih ruangan yang lapang.

2.Belajar dengan cara mendongeng

Untuk pelajaran non-eksakta, orang tua bisa membuat cerita yang menarik agar pelajaran bisa diserap oleh mereka. Misalnya saat belajar mata pelajaran sosial (sejarah atau PKN).

BACA JUGA : Muslimah, Beginilah Cara Sederhana Bersyukur Kepada Suami

3.Menggunakan alat peraga dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumah

Ini bisa digunakan untuk belajar matematika, fisika atau kimia. Kita seperti membuat eksperimen sederhana, agar anak lebih mudah memahami apa yang diajarkan.

4.Manfaatkan ruang kelas paling besar yang kita miliki, yaitu alam

Ajak anak belajar di halaman, taman, sambil belanja ke pasar atau saat liburan ke pantai. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa diperoleh dari alam.

5.Mulai belajar dari pelajaran yang paling diminati anak-anak

Kalau anak kita tidak suka belajar matematika, jangan memulai mengerjakan PR matematika, tapi mulailah dari pelajaran lain yang lebih mereka sukai.

6.Iringi dengan musik-musik lembut atau murottal Al Qur’an

Ini bisa membantu membuat anak-anak lebih rileks.

7.Ajak anak untuk belajar bersam

Bukan menyuruh anak mengerjakan PR atau belajar sendiri. Biasanya anak cenderung berat untuk memulai. Apalagi kalau ternyata orang tua malah sibuk dengan gadgetnya. Hindari juga penggunaan kalimat menyuruh.

8.Beri hadiah pelukan, ciuman atau pujian kala anak sudah menyelesaikan tugasnya

Tidak perlu menjanjikan hadiah agar anak menurut, apalagi hadiah yang berupa barang.

9.Kalau materi yang dipelajari banyak, selingi dengan brain-break berupa game, tebak-tebakan atau makan cemilan sehat.

Jika anak-anak kita menyukai proses belajar, mereka akan suka belajar apa saja dan tidak membenci mata pelajaran apapun. Karena dunia mereka cenderung bermain, maka suasana belajar yang asyik dan seru tentu membuat mereka betah.

Selain itu, belajar bersama bisa membangun kedekatan anak dan orang tua. Satu hal yang cukup penting, orang tua juga harus menyukai proses belajar bersama anak. Tentu mereka akan meniru sikap positif orang tua.
SHARE ARTIKEL