Ketika Rasa Bosan Dengan Pasangan Datang Menghampiri Hati..

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 27 Mar 2017

Ketika Rasa Bosan Dengan Pasangan Datang Menghampiri Hati..

Sahabat, kalau bosan dengan sepatu, baju, dan tas, mungkin sangat mudah... tinggal diganti. Bagaimana kalau merasa jenuh dalam rumah tangga? Lebih spesifik lagi, bagaimana jika merasa bosan dengan pasangan hidup kita? Waduh!


Meskipun manusiawi, bosan dengan pasangan hidup sendiri tentu saja terdengar aneh, sama anehnya dengan bosan pada ibu kandung atau anak sendiri, atau bosan melaksanakan shalat.

Meski aneh, faktanya banyak juga yang terjangkiti penyakit bosan dengan pasangan hidup ini, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada 4 langkah yang perlu kita lakukan untuk mengobati rasa bosan dengan pasangan hidup:

1. Cari tahu penyebab!

Cari tahu apa yang membuat kita merasa bosan dengan pasangan?

Sering dicuekin? Sering ditinggal pergi? Sering ribut? Tahu penyebab= separuh solusi!

Jika kita bosan dengan pasangan karena dirinya tak sehebat yang lain, mungkin kita harus berkaca diri terlebih dulu!

BACA JUGA : Bagi Suami, Ini 4 Cara Ampuh Unuk Menghadapi Istri Yang Ngambek

Boleh jadi pasangan hidup kita tak sempurna, tapi karena dialah kita bisa menjadi seperti saat ini! Sekedar bosan dengan pasangan tak apa, asal jangan terus-menerus mengeluh atau membanding-bandingkan. Ibarat bosan makan nasi, tapi terus saja makan nasi tiap hari!

Bosan dengan pasangan karena terlalu sering ribut? Maka cara mengobatinya adalah dengan meminimalisir penyebab ribut!

Sering ribut tentang uang? Coba minimalisir pembahasan tersebut! Demikian juga kalau sering ribut tentang anak/kerjaan.

Ada lagi yang merasa bosan dengan pasangan karena ia punya banyak kekurangan? Coba bantu pasangan memperbaiki kekurangannya, in syaa Allah terhitung ibadah!

Nah, yang paling susah adalah kalau sifat kita memang pembosan. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit bosan dan jenuh dalam rumah tangga selain mengubah sifat buruk diri sendiri yg mudah bosan?! Jika demikian, kesalahan ada pada dalam diri sendiri.

2. Cari kesibukan sendiri!

Ketika rasa jenuh memuncak, penting bagi kita menemukan kesibukan lain yang bisa mengobati rasa jenuh dalam rumah tangga.

Kompensasinya, setelah jalani kesibukan, saat bertemu pasangan, kita harus menunjukkan sikap dan ekspresi bahagia, agar rasa bosan terhadap pasangan itu benar-benar lenyap.

Bisa mulai dengan hobi, misalnya naik gunung, menulis novel, memasak, menjahit, jika kita cukup bahagia maka tidak lagi akan terpikir rasa bosan di rumah.

3. Bersyukurlah!

Selama pasangan hidup masih menunaikan kewajibannya, artinya tidak ada alasan untuk berpisah hanya karena rasa bosan dengan pasangan

Bersyukur adalah metode terbaik untuk menambah nikmat dalam rumah tangga. Lihat sisi baik yang dimiliki pasangan! Selalu mengeluh takkan menghilangkan rasa jenuh.

Jika pernah berandai-andai menikah dengan yang lain, belum tentu bisa selalu merasa tidak bosan dengan pasangan yang baru kelak. Jadi bersyukurlah dengan yang sudah ada!

4. Refresh kembali niat nikah sebagai sarana ibadah!

Sama seperti shalat yang wajib dilakukan baik sedang bosan atau tidak, bagaimana agar tidak merasa bosan dalam rumah tangga?

Yap, untuk membunuh rasa bosan tentu saja dengan memperbaharui niat terus-menerus!

Bahwasanya memandang pasangan hidup kita membuahkan pahala, menggenggam tangannya pun demikian. Segarkan kembali niat kita bahwa ikatan pernikahan ini adalah wadah untuk beribadah, in syaa Allah lenyaplah rasa jenuh ataupun bosan terhadap pasangan.

Sahabat, hidup di dunia hanya sebentar, jangan sampai takluk pada nafsu, melakukan hal aneh dan nyeleneh dalam rumah tangga hanya karena rasa bosan.

SHARE ARTIKEL