Keju Indonesia Ini Unik Banget! Bagaimana ya Rasanya?

Penulis Unknown | Ditayangkan 07 Mar 2017
Keju hanya ada di orang barat saja? hmmm sepertinya kamu salah besar. Karena di Indonesia juga ada loh, keju unik yang wajib kamu coba. Lalu, bagaimana ya kira-kira rasanya?

Keju Indonesia Ini Unik Banget! Bagaimana ya Rasanya?

Dikutip dari Qraved, Enrekang, sebuah daerah di Kabupaten di Sulawesi Selatan yang terenal dengan etnisnya yang masih kental, rupanya terdapat sebuah makanan yang serupa dengan keju namun dengan bahan dan olahan yang tidak sama dengan keju khas Eropa.

Tak hanya itu saja, Enrekrang juga dikenal akan biji kopinya yang nikmat dan berkualitas, bahkan jangkauannya sudah sampai mancanegara! Namun karena begitu kayanya hasil olahan Indonesia, Enrekang pun menambahkan lagi cangkupannya dengan menghasilkan keju lokal bernama Dangke.

Dangke sama-sama terbuat dari olahan susu sapi yang telah diproduksi sejak tahun 1900-an. Prosesnya cukup unik, yakni melalui proses fermentasi atau dipanaskan dengan suhu kurang lebih 70 derajat Celcius.

Yang membedakan Dangke dan keju lainnya adalah penggunaan getah pepaya yang berguna untuk memisahkan susu dari kandungan air dan lemak. Sedangkan kegunaan lainnya yaitu memadatkan susu sapi hingga membuatnya berwarna putih dan membuat rasa begitu asam.

Namun jika kamu sering menemukan Dangke dengan hasil olahan susu kerbau, jangan khawatir, karena Dangke memang terbuat dari bahan ini dari dulu. Namun seiring menurunnya jumlah kerbau di tempat itu, para warga pun menggantikan susu kerbau dengan sapi untuk difermentasikan.

Biasanya, para warga Enrekang menggoreng ataupun memanggang keju Dangke untuk dinikmati. Setelah itu, sajikan nasi putih hangat dan sambal terasi untuk menyantap keju Dangke goreng tersebut.

Namun jika kamu lebih suka menyajikan ini menjadi makanan yang tidak pedas, para pendatang dan warga Enrekang pun gemar sekali menikmatinya dengan "Pulu Mandoti" atau beras yang punya aroma super wangi, bahkan dari saat ditanak saja!

Unik banget kan, jadi buat kamu yang berlibur ke Enrekrang jangan lupa untuk mencicipi keju khas Indonesia ini ya.

SHARE ARTIKEL