Jika Masih Susah Bangun untuk Tahajud, Terapkan 8 Cara ini

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 05 Mar 2017

Jika Masih Susah Bangun untuk Tahajud, Terapkan 8 Cara ini

Allah Subhanahu wa Ta’ala menganjurkan kepada Nabi-Nya yang mulia untuk melakukan shalat malam. Dan hal ini terdapat banyak perintah dalam Al Qur'an, antara lain adalah:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ

“Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu….” [Al-Israa’/17: 79]

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

“Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” [Al-Insaan/76: 25-26].

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَأَدْبَارَ السُّجُودِ

“Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai shalat.” [Qaaf/50: 40].

وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا ۖ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَإِدْبَارَ النُّجُومِ

“Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Rabb-mu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Rabb-mu ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepada-Nya pada be-berapa saat di malam hari dan waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).” [Ath-Thuur/52: 48-49]

Itulah kenapa sholat tahajjud sangat dianjurkan dalam Islam. Seseorang yang sering melaksanakan sholat tahajjud akan merasakan kedekatan dengan Sang Maha Pencipta.

Di saat manusia tengah terlelap dalam mimpi, seorang hamba justru bangkit mendekatkan diri kepada Allah, di saat pintu-pintu langit terbuka dan doa diijabah.

Jika Masih Susah Bangun untuk Tahajud, Terapkan 8 Cara ini

Akan tetapi, banyak orang yang merasa berat untuk bangun malam mendirikan sholat tahajjud.

Nah, berikut beberapa tips agar kita sebagai umat islam mampu bangun malam dengan mudah untuk mendirikan sholat tahajjud:

1. Niat yang Kuat

Cara pertama yang harus dilakukan agar bisa terbangun untuk melaksanakan shalat tahajud adalah menanamkan niat yang kuat di dalam hati. Dengan niat yang kuat ini menjadi bukti bahwa kita serius merasa sangat kecil di hadapan Allah SWT. Sehingga akan membuat kita menyadari bahwa ibadah ini harus dilaksanakan sebaik mungkin.

Orang yang memiliki niat yang kuat dalam melaksanakan shalat tahajud akan mengetahui bahwa di waktu sepertiga malam inilah Sang pemilik kehidupan turun dari Arsy Nya, ke langit paling rendah untuk mengabsen sendiri hamba Nya yang istiqomah.

Abdul Ghani Al-Maqdisi rahimahullah berkata, “Hadits-hadits tentang turunnya Allah ke langit dunia setiap hari telah mencapai derajat mutawatir dan (sanadnya) shahih. Maka wajib bagi kita untuk mengimaninya.

2. Tidur di awal Waktu

Selain niat yang kuat, agar mudah bangun untuk melaksanakan tahajud di waktu sepertiga malam kita juga harus tidur di awal waktu seperti yang sering dilakukan oleh nabi. Hal ini merupakan kebiasaan yang baik untuk melatih diri dan keluarga agar terbiasa bangun pagi juga.

Sahabat mulia Ibnu Abbas pernah bertutur: “Suatu ketika aku pernah bermalam dirumah bibiku Muimunah untuk melihat bagaimana shalatnya Rasulullah, beliau berbincang sejenak bersama istrinya, kemudian tidur”.(HR. Muslim: 763)

3. Melakukan Amalan Sebelum Tidur

Melakukan amalan sebelum tidur menjadi salah satu cara agar bisa mudah bangun pagi. Sebelum tidur, kita bisa melakukan amalan seperti menutup pintu, bejana, mematikan api, melantunkan dzikir sebelum tidur serta berbaring ke kanan.

Baca Juga: Hukum Memanjangkan Kuku Haram?

Dari Jabir Bin Abdullah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian."(HR. Bukhari 6296 dan Muslim 2012)

4. Tidur Siang Walau Sebentar (Qailulah)

Cara ke empat agar mudah bangun sepertiga malam untuk melaksanakan shalat tahajud adalah tidur siang. Ketika ada waktu luang di siang hari, gunakanlah untuk tidur dari pada menonton televisi. Hal ini perlu dilakukan agar ada energi yang tersimpan untuk melaksanakan shalat tahajud di malam harinya.

5. Tidak Makan Terlalu Kenyang

Cara lainnya yakni tidak makan terlalu kenyang. Hal tersebut dikarenakan perut yang terlalu kenyang akan membuat hati dan tubuh malas dalam melakukan aktivitas terlebih lagi beribadah. Orang yang terlalu kenyang akan lebih memilih untuk kembali tidur dari pada melaksanakan shalat tahajud.

6. Mengajak Keluarga Shalat Tajahud Berjamaah

Mengajak keluarga shalat tahajud berjamaah menjadi salah satu solusi agar mudah terbangun di sepertiga malam. Dengan melakukan hal ini satu sama lainnya akan saling mengingatkan untuk melakukan ibadah.

Diriwayatkan dari Zaid bin Aslam rahimahullaah bahwa ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu melakukan shalat malam dalam waktu yang cukup lama hingga di akhir malam beliau membangunkan keluarganya untuk melakukan shalat. Beliau berkata, “Shalatlah kalian! Shalatlah kalian!”

7. Konsisten

Konsisten dalam mengerjakan sesuatu termasuk ibadah menjadi salah satu cara agar mudah bangun untuk melaksanakan shalat tahajud. Sempatkanlah untuk membuat list harian yang ditempel di tempat yang sering dilewati atau dimasuki agar mudah mengontrol ibadah yang dilakukan.

8. Paksakan Tubuh untuk Melaksanakannya

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar mudah bangun melaksanakan shalat tahajud adalah memaksa tubuh untuk melakukannya. Hal ini perlu dilakukan jika tujuh langkah di atas tidak mempan membuat kita bangun.

Kita harus menyadari bahwa kesulitan bangun dan menjalankan ibadah tahajud sebagian besar datangnya dari syaitan atau hawa nafsu manusiawi yang didekingi oleh iblis. Itulah menyebabkan kita harus memaksa tubuh agar mengusir rasa malas tersebut.

Tanamkan dalam hati bahwa melaksanakan shalat tahajud memiliki keutamaan yang sangat besar bagi manusia. Semoga Allah senantiasa meridhoi amalan yang kita lakukan.
SHARE ARTIKEL