Jangan Karena Benci, Hatimu Malah Menjadi Belati yang Tak Segan Menyakiti

Penulis Unknown | Ditayangkan 07 Mar 2017

Mungkin karena manusia tercipta dengan nafsu dan akal, maka dari itulah sangat wajar jika manusia punya beberapa hal yang pasti mengandalkan kedua hal tersebut untuk bersikap. Salah satunya yang menjadi masalah hati, dimana nafsu dan nurani berada, adalah ketika kita tak menyukai seseorang.

Baca juga : Karena Tuhan Tak Akan Memberikan Apa yang Kamu Inginkan, Ikhlaskanlah

Kita memang tak bisa menyukai semua orang. Namanya manusia pasti ada salah dan kurangnya juga. Dan kita memang tak selalu bisa menolerir tindakan semua orang di sekitar kita. Ada saja orang-orang yang tak kita suka. Menghadapi orang yang tak kita suka memang tak mudah. Bahkan bersikap baik pun susah. Meski begitu, jangan sampai kita jadi orang jahat hanya karena rasa tidak suka kita pada seseorang.

Menyimpan Dendam Hanya Akan Melukai Diri Sendiri


Mungkin kamu pernah dengar soal ungkapan bahwa menyimpan dendam itu ibarat kita yang minum racun tapi berharap orang lain yang mati karenanya. Agak kasar memang, tapi itulah yang sering dialami oleh orang-orang yang menyimpan dendam. Sesakit apapun hati kita atau sedalam apapun luka yang kita dapat, rasanya tak perlu kita berubah jadi orang jahat untuk membalas tindakan seseorang.

Meski Tak Mudah Tapi Berusahalah Sabar


Sabar, satu kata yang mudah diucapkan tapi sangat sulit untuk dilakukan. Kalau bersabar pun masih sulit dilakukan, cobalah untuk menjaga jarak dengannya. Tak usah buka aib atau menjatuhkannya dengan cara yang tak pantas. Kalau kamu melakukannya, apa bedanya dirimu dengan orang buruk tersebut?

Berbahagialah untuk Membuatnya "Menderita"


Tahukah apa yang membuat orang membencimu itu menderita? Tak lain adalah memperlihatkan bahwa kamu bahagia dengan hidupmu. Bahwa kamu baik-baik saja menjalani hidup yang jauh lebih baik tanpa dirinya. Rasa tak sukamu pada seseorang tak seharusnya jadi penghalangmu untuk bahagia dengan caramu sendiri.


Baca juga : Hidup Memang Tentang Jatuh dan Bangun, Maka Belajarlah untuk Mengikhlaskan

Tak Perlu Menghancurkan Hidupmu untuk Memberinya Pelajaran


Fokus saja menjalani hidupmu. Kamu pasti sudah bisa membagi prioritasmu. Tahu mana yang baik dan buruk untuk hidupmu. Nggak usah membuang energi, waktu, dan tenagamu untuk hal-hal yang hanya akan membuatmu susah.

Keputusan dan pilihan semuanya ada di tanganmu. Kamu tahu mana yang terbaik untuk hidupmu, kan? Memang kita tak bisa menyukai semua orang, tapi jangan sampai ada rasa benci yang membuat kita berubah jadi orang yang kurang baik.
loading...