"Ini salah ayah, gara-gara adik menikah duluan, jodohku jadi susah"

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 21 Mar 2017

Twitter @GEvenezia

Gara-gara mendengar kalimat "jodoh susah bila punya adik sudah menikah duluan". Maka ada pihak keluarga yang disalahkan. Sebenarnya apakah ada hal semaca ini khususnya menurut Islam?

Sebuah pertanyaan simple untuk Anda. Apakah di masyarakat Anda, diterapkan suatu aturan yang melarang seorang adik menikah terlebih dahulu daripada kakak perempuannya? Ya, tak dapat dipungkiri bahwa hal ini masih berkembang dengan baik. Keyakinan orang tua di masa lalu, masih dipercaya hingga saat ini.

Tapi, mengapa adik tidak boleh melangkahi kakak perempuannya dalam hal pernikahan?

Barangkali ada yang beralasan, jika adik menikah mendahului kakak, ini akan menghambat kakak untuk mendapatkan jodohnya. Dikutip dari islampos.com, alasan ini jelas sangat tidak bisa diterima. Jika tidak, dikatakan bahwa ini adalah keyakinan kesyirikan. Karena meyakini adanya sebab yang itu bukan sebab.

Kita sepakat, rezeki ada di tangan Allah, jodoh ada di tangan Allah. Dia yang mengatur dan memberikannya kepada manusia dengan cara yang bijak dan tepat. Ketika adik lebih cepat kaya daripada kakak, tentu bukan berarti adik menghalangi kakak untuk mendapatkan rezeki. Ketika adik lebih sukses daripada kakak, bukan berarti pula akan menjadi penghalang bagi kakak untuk sukses.

Kita sangat sepakat dengan itu, bukan?

Baca Juga: Orang-Orang yang Dijanjikan Allah akan Selalu Dikejar-Kejar Rezeki

Demikian pula yang terjadi dalam masalah pernikahan. Pernikahan adik jelas bukan pernghambat jodoh bagi si kakak. Karena sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa jodoh berada di tangan Allah. []
SHARE ARTIKEL