Ibu Sengaja Tidak Berikan ASI Kepada Bayinya, Awas Kena Adzab!

 25 Mar 2017  Unknown
Air susu ibu (ASI) memang sudah sudah hak bagi si bayi untuk bisa merasakannya. Namun di jaman sekarang, banyak ibu yang memilih susu formula daripada ASI. Banyak alasan yang dilontarkan, mulai dari sibuk, susah keluar Airnya, atau alergi susu.

Ibu Sengaja Tidak Berikan ASI Kepada Bayinya, Awas Kena Adzab!

BACA JUGA: Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dikasih Susu Formula. Ini Bahaya Buat Si Bayi

Namun, jika itu benar-benar terjadi, apakah berdosa bagi sang ibu? Dikutip dari satumedia, Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثُمَّ انْطَلَقَ بِي فَإِذَا بِنِسَاءٍ تَنْهَشُ ثَدْيَهُنَّ الْحَيَّاتُ, قُلْتُ: مَا بَالُ هَؤُلَاءِ؟ قِيلَ: هَؤُلَاءِ اللَّاتِي يَمْنَعْنَ أَوْلَادَهُنَّ أَلْبَانَهُنَّ

“Kemudian Malaikat itu mengajakku melanjutkan perjalanan, tiba-tiba aku melihat beberapa wanita yang payudaranya dicabik-cabik ular yang ganas. Aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat itu menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’.”

(HR. Ibnu Hibban dalam shahihnya 7491, Ibnu Khuzaimah 1986, dan Syaikh Muqbil rahimahullah dalam Al-Jami’ush Shahih menyatakan: “Ini hadits shahih dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu.” Hadis ini juga dinilai shahih oleh Imam Al-Albani).

Dari hadist diatas, dapat disimpulkan jika seorang ibu tidak mau menyusui bayinya dengan sengaja, maka Allah SWT akan melaknatnya. Berbeda ketika seorang ibu tidak memberikan susu tapi dengan alasan yang syar’i seperti susah atau tidak keluar susu.

Dalam Islam, menyusukan bayi kepada orang lain karena halangan syar’i ternyata diperbolehkan. Sebagaimana Allah SWT dalam firmanNya,

وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلادَكُمْ فَلا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ

“Jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu  memberikan pembayaran menurut yang layak…” (QS. Al-Baqarah: 233).

BACA JUGA: “Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan” Sampai Diulang 31 Kali, Ternyata Ini Maksud Dari "KAMU BERDUA"

وَإِنْ تَعَاسَرْتُمْ فَسَتُرْضِعُ لَهُ أُخْرَى

“Jika kamu menemui kesulitan maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya…” (QS. At-Thalaq: 6).

Sudah banyak riset yang menunjukkan jika ASI merupakan asupan yang paling sempurna bagi seorang bayi. jadi, memberi susu formula untuk bayi yang barusaja lahir sangatlah berbahaya untuk kedepannya.

KOMENTAR