Ibu Kota Indonesia Bakal Dipindah Ke Palangka Raya, Jakarta Mau Jadi Apa?

 19 Mar 2017  Unknown
Presiden Jokowi, baru saja mewacanakan soal perpindahan ibu kota Indonesia. Hal ini mungkin dikarenakan Jakarta sudah tak lagi sanggup untuk menanggung ‘beban’ ini lagi. Lalu, kota apa yang paling cocok untuk gantikan Jakarta beserta kesemrawutan didalamnya?

Ibu Kota Indonesia Bakal Dipindah Ke Palangka Raya, Jakarta Mau Jadi Apa?

Dikutip dari okezone, "Jakarta cocok jadi kota bisnis, kota dagang gitu ya. Kayak New York atau LA (Los Angeles)," ujar Pakar Tata Kota dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Denny Zulkaidi, seperti mengutip Jawa Pos, Minggu (19/3/2017).

Dia menjelaskan, sebenarnya jika berkaca dari negara-negara maju di luar negeri, pusat pemerintahan itu dipisahkan dengan daerah bisnis. "Pusat pemerintahan dengan bisnis ya jangan terlalu dekatlah. Kalau bisnis ya jalan saja sendiri. Enggak perlu support, backup, beking dari pejabat," ujarnya.

Menurut Denny, di AS kota bisnis berpusat di New York, sedangkan ibukotanya berada di Washington DC. Begitu pun untuk tingkat provinsinya. Kota besar dan Ibu Kota seyogyanya dibuat terpisah. "Misalnya di California, itu kota besarnya Los Angeles, tapi Ibu Kotanya Sacramento. Kalau kita kan banyak yang merangkap, Ibu Kota sekalian kota besarnya. Surabaya contohnya Ibu Kota plus kota besarnya di Jawa timur.

"Yang di Indonesia kan susahnya pusat bisnis sama pemerintahan sangat dekat," Denny menambahkan. Hmmmm… kira-kira setuju gak dengan gagasan ini?