Fokus pada Masa Depan, Kunci Sukses untuk Kaya

 28 Mar 2017  Cang Karna
Fokus pada Masa Depan, Kunci Sukses untuk Kaya

Menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, tak salahnya jika Anda merencanakan keuangan jauh lebih baik dari sebelumnya. Meningkatkan taraf hidup untuk mencapai kesejahteraan dengan tujuan untuk menjadi lebih kaya merupakan impian banyak orang.

Pola hidup boros, seolah kondisi keuangan sedang meningkat akan menjebak Anda dalam situasi krisis jika tak handal mengendalikannya. Apalagi, menjelang awal tahun, pemasukan dari gaji, pendapatan, atau bonus akhir tahun bisa lenyap begitu saja oleh karena pengeluaran yang cendrung juga meningkat.

Berikut adalah beberapa cara yang biasa orang kaya dan sukses lakukan pada uang atau pendapatan mereka, dikutip dari Liputan6.

Hati-hati pada pengeluaran kecil

Sebagian besar dari kita memiliki tingkat kewaspadaan tinggi jika melakukan sebuah investasi dan pembelian yang besar. Namun, hal tersebut kadang membuat kita luput untuk menelaah pengeluaran yang kesannya kecil padahal memberikan dampak besar pada kondisi keuangan.

Perhatikan dan kendalikan keinginan untuk sebuah pengeluaran kecil dan lihat dampak besar yang dihasilkannya pada perencanaan keuangan Anda.

Fokus pada masa depan

Terkadang kita sangat mudah tergoda untuk membelanjakan uang tanpa adanya pertimbangan matang untuk masa depan. Alhasil, Anda akan mendapati sebuah penyesalan ketika uang yang dibelanjakan habis begitu cepat. Bersabar dan fokus untuk masa depan Anda kelak karena mampu mengendalikan diri adalah kunci untuk sukses dan kaya.

Jangan membeli sesuatu hanya untuk membuat orang lain terkesan

Terkadang ada saja orang yang banyak membeli barang untuk membuat orang disekitanya atau teman-temanya terkesan. Namun, hal tersebut sifatnya hanya sementara saja kalau kita tidak tahu pasti apa manfaat dari barang tersebut untuk Anda. Bijaklah dalam memperlakukan uang atau pendapatan Anda jika ingin kaya dan sukses.

Buat prioritas berdasarkan kebutuhan

Banyak kegagalan ekonomi yang terjadi saat ini disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Padahal, untuk bisa meningkatkan taraf kehidupan yang jauh lebih layak, Anda harus mampu membuat prioritas berdasarkan kebutuhan. John C. Maxwell mengatakan bahwa membuat anggaran akan memberitahukan Anda kemana uang itu harus digunakan dibandingkan hanya membayangkannya dan mengira-ngira.

Kerja keras

Mendapatkan kehidupan yang jauh lebih layak, memang membutuhkan kerja keras. Namun, hal tersebut harus diimbangi dengan kebahagiaan saat Anda melakukannya. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu produktif Anda dengan sesuatu yang mungkin sifatnya hanya sementara. Mulai beranikan diri untuk berinvestasi atau melirik berbagai peluang usaha.

Investasikan tabungan Anda secara bijak

Menabung memang suatu kebiasaan baik, tetapi ketahuilah bahwa bunga yang dihasilkan sangatlah kecil. Beranikan diri untuk perlahan melirik sebuah investasi dengan jaminan resiko yang aman untuk Anda. Jangan malu untuk bertanya sebelum melakukan investasi. Ketahui keuntungan dan resikonya secara matang lalu coba untuk berinvestasi dengan bijak.