Entah Cuek Atau Tidak Tahu, 9 Pekerjaan Haram ini Malah Disukai Banyak Orang

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 21 Mar 2017

Entah Cuek Atau Tidak Tahu, 9 Pekerjaan Haram ini Malah Disukai Banyak Orang
Foto ilustrasi via ayousaha.co.id

Sudah barang tentu mengais rezeki adalah wajib. Karena untuk memenuhi kebutuhan hidup. Akan tetapi dalam melakukanya mesti dengan cara-cara yang diridhoi oleh Allah SWT. Kenapa? Karena Allah yang memberikan rezeki, jangankan kita yang berada di alam dunia, saat kita dialam kandungan pun Allah sudah memberikan rezeki kepada kita, dengan saluran makanan yang masuk melalui ibu.

Begitu pula hewan, tumbuhan mempunyai rezeki zat-zat yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berbuah. Semua sudah Allah atur sedemikian rupa.

Akan tetapi tidak banyak orang yang menyadari hal ini. Terlebih lagi saat ini, ketika perekonomian memburuk dan harga kebutuhan semakin melambung. Banyak orang yang kemudian memutar otak untuk bisa mendapatkan uang.

Tidak jarang di antara mereka yang justru terjerumus dalam pekerjaan haram yang menggiurkan banyak keuntungan. Entah mereka tidak tahu bahwa rezeki yang barokah datangnya hanya dari Allah SWT. Bahkan, saat ini ada beberapa jenis pekerjaan yang makin ramai peminatnya. Pekerjaan apa sajakah yang dimaksud? Berikut ini adalah pekerjaan yang malah diminati meskipun jelas-jelas pekerjaan haram.

Baca Juga: Orang-Orang yang Dijanjikan Allah akan Selalu Dikejar-Kejar Rezeki

1. Pekerjaan yang Berkaitan dengan Perbuatan Syirik

Syirik merupakan perbuatan yang paling besar dosanya dalam ajaran Islam. Syirik diartikan sebagai perbuatan mempersekutukan Allah. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS An Nisaa: 48)

Pada zaman sekarang masih banyak orang yang mencari pekerjaan dengan melakukan perbuatan berupa kesyirikan. Bentuk dari kesyirikan tersebut di antaranya sihir, perdukunan, paranormal, peramal nasib dan masih banyak lainnya.

2. Pekerjaan yang Berupa Sarana untuk Melakukan Kesyirikan

Tidak hanya syirik, ternyata saat ini telah banyak orang yang melakukan pekerjaan yang menjadi sarana melakukan kesyirikan. Contohnya saja orang yang menjadi juru kunci makan, membuat patung berhala, melukis gambar makhluk yang bernyawa dan pekerjaan sejenis yang menjadi sarana manusia untuk berbuat syirik.

3. Memakan Harta Riba

Pekerjaan yang bisa dikatakan paling ramai peminatnya adalah yang berhubungan dengan riba. Riba ini menjadi salah satu perbuatan yang dilarang dalam Islam, namun masih banyak saja orang yang tergiur dengan keuntungan dari riba. Banyak sekali seperti (maaf) bekerja di Bank, di Pembiayaan Kredit Motor, Mobil, Rumah dan lain sebagainya.

4. Memperjual Belikan Barang Haram

Banyak yang tergiur menjual minuman keras, narkotika, Kaset film tidak pantas, karena pasarnya begitu besar dan diminati.

5. Menimbun Bahan-Bahan Perdagangan

Pekerjaan haram selanjutnya yang juga ramai peminatnya ialah menimbun bahan-bahan perdagangan ketika harganya murah dan dibutuhkan oleh masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda ketika barang tersebut bernilai lebih tinggi di pasaran.

6. Korupsi dan Penipuan Terhadap Rakyat

Pekerjaan selanjutnya yang juga kian banyak peminatnya yaitu korupsi. Korupsi menjadi salah satu permasalahan yang dapat menyebabkan banyak kerugian bagi negara dan rakyat. Padahal seharusnya, sebagai seorang wakil rakyat itu harus mampu menjaga amanat dari rakyatnya.

Baca Juga: Ingin Menyenangkan Ibunya, Santri ini Basah-Basahan Buat Datangi Penjual Baju, Netizen pun Terharu

7. Mencuri, Mencopet, Menjambret, dan Merampok

Kesulitan ekonomi memang menjadi salah satu permasalahan semua orang. Terlebih lagi bagi mereka yang tidak memiliki gaji cukup untuk membiayai keluarga. Maka dari itu, akhirnya orang-orang memilih jalan pintas untuk mendapatkan uang dengan cara yang tidak halal seperti mencuri, mencopet, menjambret dan merampok yang tidak hanya merugikan orang lain bahkan juga dapat menghilangkan nyawa korbannya.

“Pencuri laki-laki dan pencuri perempuan, maka potonglah (pergelangan) tangan-tangan mereka sebagai hukuman dari Allah atas kejahatan mereka. (QS Al-Maidah [5]: 38).

8. Perjudian

Perjudian memang menjadi salah satu perbuatan yang sudah dilakukan umat banyak orang sejak zaman dahulu. Namun kini, pamor dari kegiatan ini semakin menanjak terlebih lagi bagi mereka yang gemar berhura-hura.

9. Jadi pedagang yang Mengurangi Timbangan dan Takaran

Mengurangi timbangan dan takaran dalam dagangan juga menjadi salah satu pekerjaan haram yang kerap dilakukan oleh umat manusia. Tujuan dari mengurangi timbangan tersebut itu tentu saja untuk mendapatkan keuntungan lebih. Allah SWT berfirman:

“Kecelakaan bagi orang-orang yang melakukan kecurangan dalam timbangan, yaitu kalau menakar milik orang lain untuk dirinya, ia meminta disempurnakan. Namun, apabila mereka menakar barang dagangan mereka untuk orang lain, ia merugikan orang lain (dengan mengurangi takaran).” (QS Al-Muthaffifin: 1-3).

Dan sebagai tambahan bahwa pekerjaan para pengusaha yang menunda-nunda Pembayaran Gaji Buruh dan Karyawan adalah dilarang.

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa menunda-nunda pembayaran gaji karyawan adalah salah satu pekerjaan haram yang dilarang dalam Islam.

Dari Abu Hurairah ra dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda: “Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman ‘Ada tiga golongan yang Aku menjadi musuh mereka; orang yang memberikan sumpah setia dengan menyebut nama-Ku lalu ia mengkhianati, orang yang menjual orang merdeka lalu ia memakan hasil penjualannya, dan orang yang mempekerjakan seorang buruh lalu si buruh menuntaskan pekerjaannya sementara ia tidak mau membayarkan upahnya.” []
SHARE ARTIKEL