Dulu Banyak di Kebun, Sekarang Buah Ini Harganya Selangit

Penulis Unknown | Ditayangkan 20 Mar 2017

Diantara dari kalian pasti pernah tahu buah kecil dengan kelopak penutup diluarnya. Buah dengan rasa manis ini biasa disebut ciplukan di daerah Jawa Timur.

Dulu Banyak di Kebun, Sekarang Buah Ini Harganya Selangit

BACA JUGA: Inilah Ummu Sibyan, Jin yang Bikin Bayi Nangis & Ibu Hamil Sering Alami Musibah

Buah dengan nama Morel Berry (versi inggris) ini sebetulnya dikenal berbeda di beberapa wilayah, antara lain yaitu di Sumatera ciplukan disebut: daun boda, daun kapo-kapo, daun Lato-lato; daun latuik-latuik (Minangkabau). Kemudian jika di Jawa ciplukan dinamakan: cecendet, cecendet kunir, cecenet (Sunda) ceplukan, cecendet sapi, cecendet cina (Jawa), yor-yoran (Madura), keceplokan.

Buah masa kecil ini berwarna putih kehijuan sampai oren kemerahan. Rasanya pun agak sedikit mirip dengan buah tomat hanya baunya saja yang berbeda. Selain rasanya yang manis campur asam ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa loh.

Seperti Mengobati penyakit ayan atau epilepsy, Mengobati penyakit paru-paru, Mengobati sakit tenggorokan dan Mengobati sariawan dan gusi berdarah karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Dulu Banyak di Kebun, Sekarang Buah Ini Harganya Selangit

BACA JUGA: Kenapa Seorang Istri Terlihat Lebih Cantik Setelah Menikah? Subhanallah Ini Jawaban Rasulullah

Dulu buah ini sangat mudah ditemukan di kebun, tapi siapa sangka jika sekarang harganya begitu meroket. Bahkan harganya bisa mencapai 29 ribu per100gramnya. Buah ini cocokk banget untu obat kangegn masa kecil sambil bernostalgia.

SHARE ARTIKEL