Beberapa Nama Surga dan Kriteria Orang yang akan Menempatinya

Penulis Penulis | Ditayangkan 02 Mar 2017


Surga merupakan tempat kembali yang dijanjikan oleh Allah di akhirat kelak bagi orang - orang yang mau meluangkan waktunya di dunia untuk mengerjakan amalan perbuatan yang shaleh.

Hal ini diterangkan oleh Allah SWT dalam salah satu firmannya yang artinya :

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) Jannah yang dijanjikan kepada orang - orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai - sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai - sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai - sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai - sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah - buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?” (QS : Muhammad Ayat : 15).

Surga Firdaus

Nama Surga yang pertama adalah Surga Firdaus. Surga Firdaus merupakan surga yang dija-njikan oleh Allah kepada orang - orang yang suka mengerjakan berbagai macam amal perbuatan yang sholeh.

Hal ini diterangkan di dalam salah satu firman Allah yang artinya :

“Sesungguhnya orang - orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi Ayat : 107).

Surga ‘Adn

Nama Surga yang ke dua adalah Surga ‘Adn. Surga ‘Adn merupakan surga yang sengaja diperuntukkan kepada orang - orang yang teguh dalam memenuhi segala janji yang ia ucapkan kepada Allah dengan sebaik - baiknya pemenuhan.

Hal ini seperti apa yang dijelaskan Allah dalam salah satu firmannya yang artinya :

“(yaitu) orang - orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian; dan orang - orang yang menghubungkan apa - apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.” (QS. Ar-Ra’d Ayat : 20 - 21).

Surga Darussalam

Nama Surga yang ke tiga adalah Surga Darussalam. Surga Darussalam merupakan surga yang dijanjikan oleh Allah untuk umatnya yang dapat mengambil pelajaran dari apa - apa yang telah diperingatkan Allah kepada manusia.

Penjelasan mengenai surga ini disampaikan oleh Allah dalam salah satu firmannya yang artinya :

“Dan inilah jalan Tuhanmu : (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat - ayat (kami) kepaa orang - orang yang mengambil pelajaran; bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal - amal saleh yang selalu mereka kerjakan”. (QS. Al-An’am Ayat : 127).

Surga Darul Muqamah

Nama Surga yang ke empat adalah Surga Darul Muqamah. Surga Darul Muqamah merupakan surga yang sengaja disediakan Allah untuk umat-Nya yang pandai bersyukur.

Penjelasan mengenai Surga ini ada di dalam surah Faathir ayat 34 - 35 yang artinya :

“Dan mereka berkata: Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar - benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri; yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu” (QS: Faathhir Ayat 34 - 35).
loading...