Bahaya Jika Wudhu Tidak Sempurna, Ancaman Nyata Ini Peringatkan Manusia!

 22 Mar 2017  Unknown
Bahaya Jika Wudhu Tidak Sempurna, Ancaman Nyata Ini Peringatkan Manusia!

Islam adalah agama yang sangat teratur dalam ibadah dan sikap-sikap tertentu. Saking teraturnya, bahkan ada adab yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan dengan tertib dan jangan sampai salah aturan. Bukan untuk menyulitkan umat muslim tentu saja, namun lebih kepada nilai ibadah yang sempurna untuk mengharapkan ridha Allah SWT.

Baca juga : Perempuan Berambut Pendek Dilarang, Benarkah Demikian?

Salah satu yang diharuskan untuk pengerjaan secara tertib, misalnya saja ketika seseorang mengambil air wudhu sebelum melaksanakan shalat atau ketika ingin membaca al-qur'an. Sedari kecil bagi umat Islam, sudah diajarkan bagaimana tata cara berwudhu yang baik dan benar, sehingga makna taqwa yang terkandung di dalamnya bisa tersampaikan dengan baik.

Wudhu yang mana merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Ternyata sangat menentukan nilai ibadah seseorang, sehingga jika semisal saja wudhu tidak sah, pun begitu dengan shalatnya. Oleh karenanya jika kita sedang melakukan wudhu sebaiknya lakukan dengan sebaik mungkin mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Sahih al-Bukhori:160

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: أَسْبِغُوا الْوُضُوءَ, فَإِنَّ أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

وَيْلٌ للاعْقَابِ مِنْ النَّارِ.

Dari Abu Hurairah berkata: Sempurnakanlah wudhu kalian! Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW. bersabda: Tumit-tumit yang tidak terkena air wudhu akan masuk Neraka.

Bahaya Jika Wudhu Tidak Sempurna, Ancaman Nyata Ini Peringatkan Manusia!

Baca juga : Harus Tidur Dulu Sebelum Sholat Tahajud, Apa Benar Begitu?

Penekanan akan pentingnya setiap anggota wudhu untuk terkena air. Anjuran untuk menyempurnakan wudhu. Sungguh mengejutkan sekali masalah wudhu yang dianggap hanya sebagai penghilang hadast, ternyata mengandung sebuah peringatan yang jelas, agar selalu mengikuti tata tertib dan melakukannya dengan sepenuh hati, semata-mata karena Allah SWT.