Ayah, Kapan Ajak Adek Shalat Berjamaah Seperti Rasulullah Mengajak Anaknya

Penulis Penulis | Ditayangkan 13 Mar 2017
Ayah, Kapan Ajak Adek Shalat Berjamaah Seperti Rasulullah Mengajak Anaknya


Sebagai orang tua tentu sepatutnya menjadi pembimbing bagi setiap anak-anaknya agar selalu di jalan yang di ridho'i allah SWT.

Salah satu yang harus dibiasakan kepada anak yakni mengenalkan dan melaksanakan kewajiban bagi umat islam, seperti shalat.

Termasuk bagi anak yang sudah masuk usia baligh,  maka sebelum datangnya masa itu anak seharusnya sudah diajarkan shalat.

Nah, jika sudah seperti ini sebagai seorang ayah tentu mengajak anaknya untuk melaksanakan shalat berjamaah merupakan hal yang sangat baik terlebih anak akan menjadi generasi penerus orang tuanya.

BACA JUGA: Siapa yang Berdoa Akan Dikabulkan, Siapa yang Meminta Akan Diberi, Siapa yang Memohon Ampun Pasti Diampuni, Begitu Mulianya Waktu Sepertiga Malam Ini

Menurut riwayat Muslim dan Nasa’i, Rasulullah pernah shalat mengimami kaum muslimin sambil menggendong Umamah binti Abul ‘Ash di pundaknya. Apabila rukuk beliau meletakkanya di tanah, dan apabila bangun dari sujudnya, beliau kembali menggendongnya. (Riwayat Muslim dan Nasa’i menjelaskan bahwa imam yang dimaksud Rasulullah adalah dalam shalat. Al-Hafidz Ibnu Hajar juga mengatakan yang sama dalam Al-Fath, I: 494).

Lihatlah, Rasulullah SAWsaja sudah memberi contoh kepada kita untuk mengajak anak shalat berjamaah. Jika kita tidak melakukan itu, bagaimana mungkin kita memiliki generasi penerus yang akan menegakkan shalat berjamaah? Padahal begitu banyak kebaikan bagi umat Islam dari shalat berjamaah.
SHARE ARTIKEL