7 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Balita

Penulis Unknown | Ditayangkan 20 Mar 2017

Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah berbentuk cairan kental dengan rasa yang manis. 

Madu diambil dari nektar bunga yang sedang mekar. 

Nektar bunga tersebut dihisap oleh lebah kemudian di fermentasikan hingga menghasilkan madu.

Jenis lebah yang paling baik dalam menghasilkan madu adalah Apis Dosarta yang merupakan lebah Asia. 

Tidak hanya madu yang bermanfaat bagi kesehatan balita, manfaat lebah juga banyak bagi manusia. 

Lebah juga memiliki manfaat lilin lebah bagi dunia kecantikan dan kesehatan. 

Manfaat bee pollen dari lebah juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan.

Madu hanya boleh dikonsumsi oleh  balita dengan umur satu tahun keatas. 

Jika belum genap satu tahun maka tidak dianjurkan diberikan pada balita karena sistem pencernaannya belum bisa mencerna dengan baik. 

Dan yang perlu diperhatikan adalah madu yang diberikan memang madu yang dikhususkan untuk anak balita. 

Nah, berikut ini manfaat madu untuk balita:

Baca Juga : Untuk Bunda Muslimah, Yuk Belajar Mendidik Anak Balita dengan Ilmu Parenting Islami

1. Meredakan Batuk

Jika terserang batuk balita pasti akan rewel dan menangis terus. Hal ini terjadi karena ketidaknyamanan yang dirasakan balita. 

Untuk mencegah solusi batuk  pada balita bertambah parah. Ibu bisa memberikan satu sendok madu pada balita sebelum makan agar batuknya mereda. 

Kandungan didalam madu sangat baik untuk meredakan batuk balita.

2. Membantu Pertumbuhan

Pada usia balita adalah masa pertumbuhan awal. Balita membutuhkan banyak gizi dan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya. Dengan mengkonsumsi madu secara teratur akan dapat sangat membantu proses pertumbuhannya yang lebih baik. Berikan satu sendok madu sehari dua kali secara teratur pada balita.

3. Sebagai Sumber Energi

Madu mengandung fruktosa, fruktosa adalah pemanis alami yang dapat memberikan sumber energi. Sumber energi juga terdapat pada manfaat nasi, manfaat gandum dan manfaat kentang. 

Fruktosa memberikan sumber energi pada balita dalam waktu yang lama, sehingga balita mendapat menggunakan energi itu untuk aktif bergerak. 

Dalam usia balita mereka sangat aktif bermain dan berlari-lari. Konsumsi madu dapat mencukupi kebutuhan energi balita.

4. Menyembuhkan Luka pada Balita

Saat balita aktif bermain-main dengan temannya, bisa jadi mereka terjatuh dan terluka. Ibu tidak perlu khawatir cukup oleskan madu ke tempat yang terkena luka. 

Madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi pada luka lebih cepat. Penelitian telah membuktikan bahwa luka yang diolesi madu lebih cepat untuk sembuh pada balita.

5. Mencerdaskan Otak

Berikut ini aktivitas yang baik untuk otak yaitu manfaat olahraga untuk otak balita. Olahraga dapat membantu menyehatkan otak mereka. Ajarkan olahraga sambil bermain agar mereka senang. 

Selain olahraga, madu juga memberikan manfaat untuk mencerdaskan otak balita. Madu menjadikan balita kreatif, aktif dan bersikap positif dalam kesehariannya.

6. Baik untuk Sistem Pencernaan

Madu mengandung sejumlah bakteri yang baik untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat di dalam usus. Anak balita yang aktif biasanya suka memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. 

Ini bisa mengganggu sistem pencernaan balita. Dengan diberi madu sistem pencernaan balita tetap sehat. Dan tetap awasi perkembangan balita di masa pertumbuhannya.

Baca JugaPercakapan Allah dengan Bayi Sebelum Terlahir ke Dunia

7. Sumber Vitamin

Kebutuhan vitamin sangat diperlukan dalam jumlah banyak oleh balita. Balita membutuhkan bermacam ñ macam vitamin untuk menunjang masa pertumbuhannya. 

Madu mengandung banyak vitamin mulai dari manfaat vitamin A, manfaat vitamin B , manfaat vitamin C, manfaat vitamin D, manfaat vitamin E, dan vitamin K yang baik bagi kesehatan fisik balita.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb