5 Cara Mendapatkan Buku Gratis

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 06 Mar 2017

5 Cara Mendapatkan Buku Gratis
Buku ini harganya bisa selangit

Kebiasaan membaca memang harus dihadirkan dalam nuansa kehidupan sehari-hari. Buku adalah jendela dunia, begitu kata yang sering kita dengar. Dengan membaca kita jadi banyak tahu. Dengan membaca kita jadi bisa terinspirasi, dengan membaca kita bisa memandang kehidupan ini dari berbagai sudut yang selama ini kita tidak pernah menyangka.

Nah, iseng-iseng daripada beli. Banyak banget cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan buku gratis, tentunya dengan usaha yang setimpal. Ada buku gratisan yang didapat, ada usaha keras yang dilakukan. Setimpal bukan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan buku gratis, dikutip dari ketimpukbuku.com :

1. Ikut Kuis dan Giveaway 

Wait. Memangnya kuis dan giveaway berbeda?

Iya beda. Kalo kuis biasanya ngandelin keberuntungan, biasanya diminta buat ngelike, share, komen yang simple dan pemenangnya dipilih secara random. Sedangkan giveaway syaratnya lebih komplit dan biasanya dinilai berdasarkan kualitas jawaban.

Enaknya ikutan yang mana?

Dua-duanya enak. Aku pernah menang kuis yang pemenangnya dipilih secara random, juga pernah menang giveaway yang dinilai berdasarkan kualitas jawaban. Yang harus diperhatiin sih, pas penilaian sedang berdasarkan jawaban, kasih jawaban yang nendang, unik, beda, yang sekali baca doang, penyelenggaranya bakal keinget terus sama jawaban kamu. Meski balik lagi ke selera penyelenggara, tapi semakin unik dan ga terduga jawaban kamu, maka peluang untuk menang akan lebih besar.

Kalo mau ikutan kuis, bisa ceki-ceki media sosial penerbit dan penulis yay. Banyak banget sih kuis bertebaran sekarang ini. Tinggal balik lagi ke semangat kamunya, mau memperjuangkan si buku atau nggak?

Nah, kalo mau ikutan giveaway, aku rekomendasiin buat ikutan giveaway di blog kak Luckty. Blogger buku pasti kenal lah sama si kakak kece satu ini. Blog kak Luckty nggak pernah sepi giveaway. Selalu ada dan ada lagi. Dari tahun 2012an kak Luckty udah rajin ngadain giveaway-giveaway, baik yang hadiahnya pake modal sendiri, maupun disponsorin. Bisa dibilang, kak Luckty adalah blogger buku pertama di Indonesia yang sering berbagi buku lewat giveaway. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke blog kak Atria, kak Asri, kak Rizky, mereka-mereka ini juga blogger-blogger buku yang konsisten berbagi buku dari tahun ke tahun.

2. Jadi Host Giveaway 

Beberapa bulan lalu, penulis sempat ‘ganas’ banget jadi host giveaway. Seminggu ada 3 giveaway sekali tayang, masa. Terus ada yang komen, ‘Intan enak banget dapet buku gratisan mulu!’

Ini tipsnya, kalo jadi host itu nggak cuma perkara buku gratisannya doang. Hihi. Ada tanggung jawab yang mesti dipikul. Review yang berimbang, juga promosi di media sosial yang harus berkelanjutan. Jelas lebih ribet dibanding sekedar jadi peserta giveaway lah. Lebih ribet tapi sebanding sama apa yang kita dapat. Bisa kenalan lebih dekat sama penulis bukunya, sama penerbit, sama temen sesama host, juga ga perlu deg-degan nungguin pengumuman pemenang.

Oh iya satu lagi, FYI, followers akun twitter sama instagram penulis : @inokari_ bisa mencapai 2800an dan 1300an itu ya salah satu faktornya karena sering jadi host giveaway buku. Lalu, gimana caranya biar bisa jadi host? Pantengin media sosial penerbit, penulis, blogger buku, sering banget ada penawaran buat daftar jadi host. Biasanya yang jadi penilaian adalah kualitas blog dan media sosial. Namun selain itu, peran networking juga penting, penulis sering banget dapet tawaran ngehost dari sesama temen blogger buku, seperti dari kak Rizky dan kak Asri, misalnya.

3. Ikutan Kuis Buku di Radio 

Setahu penulis, ada beberapa radio di Indonesia yang rutin ngadain kuis kuis buku setiap minggunya, termasuk radio tempat ia kerja *promosi sis! hehe Enaknya berburu buku gratisan lewat kuis buku di radio gini, biasanya syaratnya lebih simple. Cuma jawab sekalimat doang mah paling. Tapi harus cepet-cepetan jawab sih biasanya, jadi jangan lupa buat dengerin dari awal acara, siapin handphone yang ada pulsanya, terus jawab dengan benar dan cepat, biasanya yang kek gini yang bakal menang.

4. Ikutan Reading Challenge 

Reading challenge ini biasanya dibuka setiap awal tahun. Banyak banget jenis reading challenge mah. Ada Indah Hanaco Reading Challenge, Indonesia Romance Reading Challenge, dll. Tinggal sesuaikan aja sama selera, kemampuan dan kesempatan. Jika giveway hanya memberikan hadiah berupa satu atau dua buku plus merchandise, nah kalo reading challenge biasanya hadiahnya gede.

Entah itu paket buku atau malah voucher jajan buku. Setimpal lah ya. wong, durasinya setahun. Banyak-banyakan baca buku dan review gitu. Yang perlu diingat, tantangan membaca kayak gini membutuhkan kadar sabar dan komitmen yang nggak sedikit.

5. Tukaran Buku 

Pernah dapet buku yang sama lebih dari satu buku? Terus dijual gitu? Kalo aku sih berat banget buat ngejual buku. Meski dapatnya gratis. Eit, malah menurutku buku-buku gratis yang aku punya malah lebih memorable. Soalnya perjuangan buat dapetinnya itu berat bok. Harus saingan sama puluhan (atau malah ratusan) peserta. Lagian nggak etis deh sepertinya, buku yang didapet boleh dikasih orang, kok ya malah dijual. Saranku, kalo emang kebetulan lagi hoki dan dapat buku dengan judul yang sama dan jumlahnya lebih dari satu, mending dituker aja sama temen sesama pencinta buku. Kan lumayan banget bisa dapet buku lain dan buku yang kita punya juga nggak mubadzir.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi rak buku kesayangan dengan buku-buku kece tapi gratis. Ingat, nggak ada usaha yang sia-sia. Kalo belum menang hari ini, coba lagi, siapa tau rezeki kamu ditakdirkan untuk esok hari. Dan kalo udah sering dapet buku gratisan, jangan lupa untuk ikut berbagi. Jangan takut buku kamu bakal habis karena sering dihibahkan, justru malah buku-buku yang kamu miliki akan semakin banyak. Percaya deh! Selamat berburu buku-buku gratisan yess
SHARE ARTIKEL