4 Tips Agar Rumah Anda Tidak Terasa Panas

Penulis Penulis | Ditayangkan 16 Mar 2017


Ada 4 tips agar rumah Anda tidak terasa panas.

1. Perhatikan bukaan pada rumah Anda

Ventilasi menjadi syarat wajib yang harus Anda penuhi di dalam sebuah rumah untuk mengatur sirkulasi panas dan udara. Tanpa ventilasi yang baik, rumah Anda akan terasa panas. Idealnya, ventilasi hadir disetiap ruang yang ada di dalam rumah.

2. Pemilihan material bangunan yang dapat meredam panas

Misalnya bata merah. Materi yang terbuat dari tanah liat ini ternyata mampu menyerap panas sinar matahari dari luar. Atau, Anda bisa menambahkan pelapis anti panas pada genting atau dinding. contoh, dengan mempergunakan cat anti panas merek Reflecto.

BACA JUGA: Desain Denah Rumah Ala Amerika Minimalis

3. Arah hadap rumah

Anda harus memastikan bahwa arah hadap rumah menghadap selatan. Rumah yang fasad bangunannya menghadap selatan akan terkena sinar matahari pagi lewat jendela-jendela kaca.

Walaupun sebenarnya sinar matahari pagi baik untuk kesehatan, namun akan terasa mengganggu kenyamanan sebab intensitasnya yang tinggi. Lalu, ketika sore hari saat matahari condong ke barat, jendela kaca akan terpapar cahaya panas. Walau matahari sudah tenggelam, udara panas seolah masih tinggal di dalam rumah Anda.

4. Tanamlah tanaman di sekitar rumah Anda

Pepohonan dapat meredam hawa panas yang ada di rumah. Tanam tanaman khususnya di area barat rumah. Selain menghijaukan, juga untuk meredam panas cahaya matahari di sore hari. sinar matahari di sore hari biasanya lebih panas dari pada sinar matahari saat pagi hari. Anda bisa menanam pohon besar atau membuat tanaman rambat hingga menjulur ke atas. 
loading...