3 Tips Jitu Menabung Ala Miliarder yang Bikin Kaya Raya

 27 Mar 2017  Cang Karna
3 Tips Jitu Menabung Ala Miliarder yang Bikin Kaya Raya

Prinsip menabung sebenarnya sederhana. Anda harus menyimpan lebih banyak dari menghabiskan. Tentu saja kenyataanya tidak semudah teori.

Untuk memotivasi Anda yang kesulitan menabung, tips-tips menabung dari miliarder ini bisa membuat Anda punya lebih banyak uang jika tekun dan disiplin dikutip dari CekAja.com:

Menabung secara otomatis

David Bach, entrepreneur, penasihat finansial, sekaligus penulis buku The Automatic Millionaire mengungkap rahasia menabung orang-orang yang akhirnya menjadi kaya. Rahasianya adalah menabung 50 persen penghasilan.

Metode ini dilakukan oleh Grant, pendiri Millennial money yang mampu mengumpulkan uang dari yang hanya US$ 2,26 di rekeningnya menjadi US$ 1 juta dalam lima tahun.

Kuncinya adalah menabung secara otomatis. Anda bisa membuka tabungan rencana di bank yang nantinya akan menarik sejumlah uang di tabungan setiap Anda menerima gaji.

Anda tidak bisa mengambilnya sebelum jatuh tempo, karena jika diambil sebelum waktunya akan dikenai denda. Tentu saja Anda juga bisa menabung di instrumen investasi untuk keuntungan lebih maksimal.

Punya lebih dari satu penghasilan

Misalnya Anda seorang karyawan. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjadi drop ship, jualan online, atau franchise jajanan dengan modal murah.

Gaji dari kantor digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan uang hasil berjualan sepenuhnya ditabung.

Trik supaya tabungan Anda cepat bertambah, gunakan penghasilan yang lebih besar dan hiduplah dengan penghasilan yang lebih kecil. Dengan demikian Anda tetap terbiasa hidup sederhana meskipun nanti punya banyak uang.

Gunakan aturan 50-30-20 persen

Kyle Taylor, CEO dari Penny Hoarder yang menjadi kaya di usia muda membagikan formula sederhana yang membantunya menabung. Sebelumnya, Kyle merupakan mahasiswa yang terjebak utang biaya perguruan tinggi.

Dia kemudian memulai blog untuk menuliskan petualangannya dalam menghasilkan dan menabung untuk melunasi utang. Tak disangka, respons pembaca sungguh di luar dugaan karena banyak yang merasa senasib sepenanggungan.

Apa rahasia Kyle? Ternyata dia disiplin dalam menerapkan aturan 50-3-20. Artinya, 50 persen masuk ke rekening tabungan sebagai dana darurat atau tabungan jangka panjang. Sementara itu 30 persennya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup, sedangkan 20 persennya gunakan untuk bersenang-senang.

Ya, Anda tetap bisa bersenang-senang sambil tetap menabung. Kenapa anggaran bersenang-senang ini dibutuhkan? Justru kalau tidak ada anggarannya, Anda akan stres karena ketatnya aturan menabung. Orang yang stres justru lebih tergoda menggunakan tabungannya.

"Dengan menjalankan aturan 50-30-20, Anda tetap diberikan kebebasan sekaligus kontrol sehingga bisa menghasilkan keputusan finansial terbaik,” kata Taylor.