Ini Tips Membangun Kecerdasan Anak Hanya Dengan Cara Membangun Kedekatan Dengan Anak

Penulis Penulis | Ditayangkan 28 Feb 2017

Meski mungkin anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama ibunya, namun bukan berarti ayah lantas lepas tanggung jawab dalam memberi pengasuhan. Apalagi kedekatan ayah dengan anak ternyata bisa merangsang kecerdasan anak.

Ini Tips Membangun Kecerdasan Anak Hanya Dengan Cara Membangun Kedekatan Dengan Anak


TIPS MEMBANGUN KEDEKATAN AYAH DAN ANAK


Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membangun kedekatan dengan anak seperti dikutip dari sayangianak.com

1. BANGUN KEDEKATAN DENGAN ANAK SEDARI KECIL.


Jika Anda masih memiliki anak yang masih kecil, maka upayakan agar Anda bisa sedekat mungkin dengan si Kecil. Luangkan waktu yang cukup banyak untuk melihat dan mengamati setiap perkembangannya. Memori si Kecil berkembang sangat baik lho untuk mengenal siapa orang tua dan keluarganya. Jadi hilangkan statement “Masalah ngurus anak bukan tugas dan urusan Ayah!”


2. JALIN PERSAHABATAN DENGAN SI KECIL.


Untuk menciptakan kedekatan dengan si kecil maka jalinlah persahabatan dengan si kecil. Asiknya jika kita bisa selalu dekat dengan si kecil layaknya seorang sahabat setia. Sebelum si kecil menciptakan lingkungan sosialnya sendiri bersama teman-temannya, kita pun bisa masuk ke dalam dunia si kecil dan menjadi pendampingnya di kala senang dan sedih

3. DAMPINGI SELALU SI KECIL DI SETIAP MOMEN INDAHNYA.


Ada saat-saat si kecil ingin ditemani oleh Ayahnya. Biasanya di hari libur, ketika semua berkumpul maka anak akan lebih banyak waktu bersama Ayah. Nah disini Ayah bisa mengajak si kecil bermain sepuasnya dan menghabiskan waktu bersama anak untuk mengisinya dengan berbagai macam kegiatan.

4. BIARKAN SI KECIL BERSIKAP MANJA.


Sikap manja memang identik dengan anak-anak, dan wajar karena memang anak-anak butuh perhatian yang lebih dari orang tuanya. Yang gak boleh adalah terlalu memanjakan anak sehingga anak malas dan malah merepotkan orang tua.

Biarkan si kecil menggelayut manja atau minta digendong walau sudah bukan bayi lagi. Saat-saat seperti ini akan menyenangkan bagi si kecil dan lebih mendekatkan diri lagi denga sang Ayah.

5. MENEMANI AKTIVITAS HARIAN SI KECIL.


Banyak Ayah yang mengeluh tidak punya banyak waktu untuk si kecil, apalagi untuk memandikan, menyuapi atau menemani si kecil belajar dan mengerjakan pe-er. Padahal kedekatan dengan si kecil juga bisa tercipta lho dengan kita menemani aktivitas hariannya.

Jika si kecil masih belum bisa mandiri, sehingga aktivitas mandi, makan, pup dan yang lainnya masih mengandalkan orang tuanya. Maka tidak ada salahnya jika kita mencoba menggantikan peran sang Ibu yang memang sudah terbiasa dengan tugas seperti ini. Menyenangkan lho bisa dekat dengan anak di saat-saat seperti ini :)
SHARE ARTIKEL