Cinta Tak Beralasan, Kata Siapa? Ini Jawabannya!

Penulis Unknown | Ditayangkan 22 Feb 2017
Cinta Tak Beralasan, Kata Siapa? Ini Jawabannya!

Ketika seseorang jatuh cinta, maka yang paling utama adalah rasa nyaman di hati, sehingga membuat alasan mengapa pribadi tersebut mencintai seorang yang lain yakni mungkin saja tidak ada. Cinta memang tak bisa didefinisikan, hanya datang dan pergi dengan kehendaknya sendiri. Oleh karena itu juga setiap pasangan mampu mencintai tanpa harus memikirkan sebuah alasan mengapa hati bisa saling terikat satu sama lain.

Baca juga : Rindu, Kata Orang Menyiksa, Namun Jika Terjadi Padaku, Maknanya Lebih dari Itu

Jika benar-benar cinta perlukah ada penjelasan dan alasan? Seharusnya tidak. Namun, sejumlah penelitian di dunia tertarik untuk mencari tahu apa yang menyebabkan orang jatuh cinta pada lawan jenis mereka? Berikut uraiannya:

1. Banyak persamaan


Ada teori yang mengatakan bahwa pasangan yang langgeng yang sedikit memiliki kesamaan. Namun, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology merangkum bahwa rasa cinta datang karena adanya persamaan. Persamaan nilai-nilai hidup, pengalaman hidup, level atraktif, dan usia bisa membuat seseorang jatuh cinta pada orang lain.

2. Aroma tubuh


Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Psychological Science mengatakan bahwa aroma tubuh juga memainkan peranan penting yang membuat orang lain jatuh cinta. Studi itu mengatakan bahwa wanita yang dalam masa subur menganggap pria dengan level testosterone tinggi menarik dan seksi. Lalu, sejumlah pria juga mengungkapkan bahwa aroma tubuh wanita lebih harum saat perionde menstruasi.

Cinta Tak Beralasan, Kata Siapa? Ini Jawabannya!

Baca juga : Aku Tak Secantik Masa Lalumu, Aku Si Masa Depan Buruk Rupa dan Inilah Suratku

3. Mirip orangtua Anda


Menurut studi yang dirangkum dalam Evolution & Human Behaviour seorang pria kemungkinan jatuh cinta dengan wanita yang mirip dengan ibunya, baik karakter maupun fitur fisik. Teori serupa juga terjadi pada wanita yang cenderung jatuh cinta dengan pria yang mirip ayahnya.

Mungkin bisa saja seseorang menyatakan bahwa ia mencintai kekasihnya tanpa alasan apapun. Namun coba perhatikan baik-baik dari ketiga hal di atas. Mungkin salah satunya membuatmu jatuh cinta kepadanya. Bukan hal buruk jika memang iya, karena ketiga hal di atas hanyalah sebuah alasan, toh jika memang cintamu tulus, Tuhan juga akan meng-iyakan kalian sebagai jodoh hari ini, esok, dan seterusnya.
SHARE ARTIKEL