Ternyata Salah, Gosok Gigi setelah Bangun Tidur Bukan Anjuran Dokter Gigi Lho!

Penulis Unknown | Ditayangkan 16 Jan 2017

Ternyata Salah, Gosok Gigi setelah Bangun Tidur Bukan Anjuran Dokter Gigi Lho!

Sering menggososk gigi setelah bangun tidur? Mungkin wajar saja ya. Memang menggosok gigi bukan menjadi hal aneh bagi semua orang. Menggosok gigi minimal dilakukan dua kali dalam sehari, untuk membersihkan sisa makanan dan kuman yang menempel di gigi. Dengan rajin menggosok gigi, maka penyakit gigi seperti karang gigi hingga gigi berlubang mampu diatasi. Akan tetapi, kapankah waktu yang tepat untuk menggosok gigi?

Baca juga : Sering Dianggap Sepele, Inilah Manfaat Air Hangat yang Punya Manfaat Besar Bagi Hidupmu!

Banyak orang yang menggosok gigi mereka setelah sarapan pagi dan sebelum beranjak tidur. Selain itu, banyak pula yang membersihkan gigi saat mandi, hingga bahkan setelah bangun tidur. Layaknya lagu anak-anak,  bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Pastilah membuat kita semakin semangat untuk membersihkan diri dari mulai kaki hingga ujung kepala dan tentunya gigi saat pagi hari.

Tapi tahukah kamu bahwa menggosok gigi setelah bangun tidur itu sangat tidak dianjurkan?


Dilansir dari abitopages, Prof Melanie Sadono Djamil, ketua Divisi pendidikan dan Litbang PB persatuan Dokter Gigi Indonesia menjelaskan bahwa air mulut yang ada dalam mulut merupakan penyeimbang atau buffer effect. Saat makan, PH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis, yaitu 4. Jika kebiasaan ini tetap dilakukan maka struktur alami saliva(air liur) tersebut akan rusak dan mempengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan.

Ternyata Salah, Gosok Gigi setelah Bangun Tidur Bukan Anjuran Dokter Gigi Lho!

Baca juga : Ketahui Kepribadian dari Bentuk Jari, Kalau Kamu Termasuk yang Mana?

Jika kebiasaan ini tetap dilakukan maka struktur alami saliva(air liur) tersebut akan rusak dan mempengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan. Rupanya banyak orang yang salah kaprah tentang menyikat gigi. Nah mulai sekarang mulailah menyikat gigi setelah sarapan pagi, yakni 15 hingga 20 menit setelah makan, dan sebelum tidur malam.

Jangan lupa gunakan pasta gigi dan juga sikat gigi yang tepat ya!
SHARE ARTIKEL