Tak Sadar Sering Selfie Bergaya "Victory", Ternyata Menyimpan Bahaya...

Penulis Unknown | Ditayangkan 17 Jan 2017
Dengan berkembangnya teknologi, tren selfie dikalangan orang tua dan remaja, bahkan anak-anak menjadi semakin marak. Salah satu gaya selfie yang cukup terkenal adalah gaya victory atau membentuk symbol V. Memang tampak biasa saja, tapi siapa sangka jika symbol itu memang berbahaya.

Tak Sadar Sering Selfie Bergaya

BACA JUGA: Belum Juga Dilantik, Permintaan Istri Donald Trump Ini Benar-benar Gak Wajar

Dkutip dari kompas, symbol yang biasa menandakan damai (peace) itu menurut pihak berwanang di China, selfie berpose itu akan membuat identitas orang tersebut terbongkar dan mudah dicuri. Berfoto dengan gaya seperti itu akan memperlihatkan dengan jelas jari tangan kita.

Memang terdengar aneh, tetapi pada kenyataannya hal tersebut bisa dilakukan. Pada Desember 2014 lalu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GizmoChina, Jumat (13/1/2017), ahli keamanan Jan Krissler dikatakan berhasil membuat tiruan digital sidik jari dari menteri pertahanan Jerman.

Tiruan sidik jari digital itu dikatakan didapat dari sebuah acara konferensi pers yang dihadiri sang menteri. Kemudian, ia menggunakan software komersil untuk membuat tiruan sidik jari tersebut.

Dari segi pengguna biasa, hal ini bisa dikatakan cukup berbahaya. Saat ini, kebanyakan ponsel sudah dilengkapi dengan fitur NFC untuk melakukan pembayaran. Biasanya, fitur NFC itu dilengkapi dengan keamanan sidik jari. Artinya, untuk melakukan pembayaran via NFC, pengguna harus memindai sidik jari terlebih dahulu sebagai langkah keamanan.

Memang bisa terjadi sih, tapi hal itu benar-benar sulit dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli. Selain itu untuk menangkap detail sidik jari dan membuat tiruan digitalnya juga akan sangat sulit.

Tidak semua orang juga bisa membuat sidik jari tiruan dengan mudah. Tetapi tidak ada salahnya juga untuk lebih berhati-hati.
SHARE ARTIKEL