Sudah Bertaubat Tapi Tetap Berdosa, Mungkin 3 Hal Ini Telah Terlewati

Penulis Unknown | Ditayangkan 14 Jan 2017

Memang tidak bisa dipungkiri manusia bukanlah makhluk yang sempurna dan tidak luput dari dosa, Sering kali mereka melakukan dosa kecil maupun dosa besar dan tidak pernah berfikir untuk bertaubat, Padahal balasan untuk dosa kecil maupun besar adalah neraka, Namun jika mereka ingin bertaubat pasti dosa itu akan dihapuskan oleh Allah SWT sekalipun itu dosa besar.

Sudah Bertaubat Tapi Tetap Berdosa, Mungkin 3 Hal Ini Telah Terlewati

BACA JUGA: Seperti Ini Tata Cara Shalat Tahajud yang Benar

Hukum bertaubat itu wajib bagi siapa saja yang pernah melakukan dosa. Dan bila dosa itu terkait hanya kepada Allah SWT tanpa melibatkan hak sesama manusia, maka harus dipenuhi tiga syarat utama agar dosa itu bisa dihapuskan. Inilah syarat syarat yang harus kamu penuhi agar doamu diterima.

1. Berhentilah melakukan maksiat

Syarat pertama berhenti dari melakukan maksiat yang kita lakukan , Karena taubat tidak akan dibukakan pintunya oleh Allah SWT selama seorang yang taubat itu masih saja melakukan dosa yang sama.

2. Menyesali perbuatan yang telah dilakukan

Syarat kedua menyesali perbuatan atau maksiat yang telah kita lakukan , tidak cukup hanya sekedar berhenti dari maksiat tersbut, tetapi berhentinya itu harus diiringi juga dengan rasa sesal di dalam hati. Tanpa penyesalan yang mendalam di lubuk hati, taubat itu tidak akan ada artinya di sisi Allah SWT.

3. Memiliki tekat agar tidak menggulangi berbuat maksiat lagi

Syarat terakhir, Kita harus mempunyai tekad agar tidak mengggulangi perbuatan maksiat lagi , Tidak cukup hanya berhenti dan menyesal, pelakunya juga harus punya tekat sangat kuat di hati untuk tidak akan pernah kembali melakukannya sejak hari itu hingga selama-lamanya. Selama masih ada keinginan untuk kembali mengulanginya, taubat itu menjadi sirna dan sia-sia.

Itulah 3 syarat utama agar taubat itu bisa diterima Allah SWT. Dan bila dosa itu terkait dengan dosa kepada sesama manusia, harus ditambah satu lagi, yaitu meminta maaf dan keridhaan orang tersebut. Ingat, Allah Maha Pemaaf dan menerima segela taubat.
SHARE ARTIKEL