Mengetahui Teman Berselingkuh, Inilah yang Harus Kalian Lakukan Sebagai Sahabat

Penulis Penulis | Ditayangkan 16 Jan 2017

Perselingkuhan bukan hal yang terpuji dilakukan seseorang. Ketika teman Anda melakukannya, apakah Anda akan menjauhinya, memarahinya, menutupi kebohongannya, atau melaporkannya pada pasanganya? Jangan buru-buru dan gegabah mengambil tindakan, Seperti yang dilansir dari keluarga.com coba untuk membantunya terlebih dahulu dengan melakukan beberapa cara berikut:

Mengetahui Teman Berselingkuh, Inilah yang Harus Kalian Lakukan Sebagai Sahabat

1.Jangan mengadukan dia


Meskipun yang dilakukannya salah, sebaiknya jangan mengadukan teman Anda. Hal ini kekanak-kanakan dan juga tidak adil baginya. Jika memang nantinya perselingkuhannya harus terungkap, biar saja sahabat Anda yang bertanggungjawab mengungkapkannya pada pasangannya, bukan dari Anda. Mengadukannya tidak saja akan menghancurkan hubungan pertemanan kalian, tetapi juga dapat lebih menyakitkan pasangannya saat mengetahui kebohongan pasangannya dari orang lain.

BACA JUGA: Doa Minta Jodoh, 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan Bagi Kalian yang Masih Sendiri

2.Langsung bicara padanya


Bicara dari hati ke hati pada sahabat Anda adalah cara tepat seorang teman membantu sahabatnya untuk dapat berubah. Jangan terburu menegur atau menyudutkannya. Bicarakan baik-baik misalnya dengan menceritakan penyesalan orang-orang yang pernikahannya hancur akibat perselingkuhan, mengingatkan bagaimana masa depan anak-anaknya jika memiliki orang tua yang bercerai, atau membayangkan rasanya jika ia yang berada di posisi pasangannya saat ini.

Seorang teman dapat membawa pengaruh besar bagi temannya, baik maupun buruk. Jadilah teman yang baik baginya dengan selalu mengingatkan setiap sahabat Anda yang melakukan kesalahan dan membawa kehancuran bagi dirinya sendiri. Tidak ada yang tak mungkin untuk mengubahnya.

3.Menyimpannya untuk diri sendiri


Jika Anda telah berbicara dengannya selayaknya teman yang baik, selanjutnya simpanlah rahasia itu untuk diri Anda sendiri. Jangan pernah menceritakannya kepada teman lain atau siapapun, bahkan orang kepercayaan Anda sekalipun. Jangan sampai Anda membocorkan rahasianya dan semakin mempersulit keadaan. Biarkan teman Anda yang menyelesaikan masalahnya sendiri.

4.Jangan membantunya!


Demi kebaikan Anda sendiri, jangan sampai terlibat membantu apalagi mendukung perselingkuhan teman Anda. Itu bukan cara yang baik yang dilakukan seorang teman, walau Anda hanya ingin mendapat cap sebagai "teman baik". Jika merasa tidak nyaman melihat teman yang berselingkuh, katakan terus terang sejak awal bahwa Anda tidak mendukung perbuatannya tersebut. Jangan membantunya berbohong apalagi ikut menutupi perbuatannya hingga berlarut-larut. Bukan karena tidak peduli padanya tetapi justru karena Anda peduli.

BACA JUGA: Dosa Inilah yang Menghalangimu Mendapatkan Jodoh

Jangan hanya diam saja, Anda dapat melakukan sesuatu untuk membantu menyadarkan teman yang berselingkuh. Bayangkan diri Anda pada posisinya, melakukan kesalahan tanpa menyadari akibatnya dan berujung pada penyesalan. Tentu, Anda tidak ingin jatuh lebih dalam dan berharap Anda seseorang seperti sahabat yang dapat menyadarkan Anda. Meskipun hanya lewat nasehat pun, hal ini tentu sudah berdampak pada dirinya. Semoga teman Anda dapat segera menyadai kekeliruannya sebelum terlambat, seluruh keluarganya menjadi hancur akibat nafsu sesaat.
SHARE ARTIKEL