Manfaat Perayaan UIang Tahun Bagi Anak Yang Tak Banyak Diketahui Oleh Banyak Orang

24 Jan 2017  Cang Karna
Manfaat Perayaan UIang Tahun Bagi Anak Yang Tak Banyak Diketahui Oleh Banyak Orang

Perlu diingat juga, pesta ulang tahun hanya momen pelengkap. Artinya, hal yang sesungguhnya paling penting adalah bagaimana interaksi orang tua dan anak sejauh ini, dari momen perayaan kelahiran tersebut sampai momen ulang tahun berikutnya. Tak akan banyak berarti ulang tahun tersebut bila selama setahun orangtua miskin interaksi dengan si anak. Mungkin saat ulang tahun anak dan orangtua terjalin interaksi, namun selanjutnya tidak ada lagi komunikasi yang terjalin, karena misal orangtua berpisah dan hidup di tempat yang berlainan. Sehingga makna ulang tahunnya sekadar seremonial. Padahal yang perlu digarisbawahi justru bagaimana pendalaman yang dirasakannya sebagai seorang anak. Apakah ia diperhatikan, didukung dan disayangi. Jadi harus terjalin komunikasi yang sifatnya resiprokal (dua arah) sepanjang tahun. Jadi, haruskah perayaan ulang tahun untuk anak? Semuanya tergantung kepada orangtua. Berikut manfaat merayakan ulang tahun bagi anak.

Bertemu Dengan Saudara

Acara ulang tahun anak mampu mendekatkan kita dengan saudara dan keluarga. Dengan merayakan ulang tahun anak, kita bisa bertemu, berkumpul, bercengkrama dengan saudara dan keluarga dekat. asik!

Anak Belajar untuk Bersosialisasi

Anak mampu belajar untuk bersosialisasi melalui kegiatan makan bersama, bernyanyi, bermain dengan teman-teman dan keluarga semua. Dari semua acara yang dikerjakan ketika acara ulang tahunnya.

Mengajarkan Anak untuk Berbagi

Dengan merayakan ulang tahunnya, anak teredukasi untuk melihat keindahan dari kegiatan berbagi dengan orang lain, contohnya saudaranya dan teman-temannya.

Mengedukasi Pentingnya Bertanggung Jawab

Mengedukasi tanggung jawab bisa dicoba dengan beberapa aktivitas, salah satunya ialah merayakan ulang tahun. Saat anak sudah menginginkan pesta ulang tahunnya sendiri, dan menginginkan tema-tema yang lucu, disinilah kamu mampu memulai pembelajaran tanggung jawab itu. Biarkan anak bergabung dalam pemilihan tempat, dekorasi, juga baju yang akan digunakan. Mereka akan belajar tanggung jawab dengan sendiri.

Mengajarkan Anak untuk Dapat Menghargai

Melalui perayaan ulang tahun, anak bisa berlatih untuk menghargai hasil usaha orang tua, dan menghargai pesta ulang tahun yang sudah dibuat oleh orang tuanya.

Nah itulah manfaat yang tak kita sadari saat merayakan ulang tahun si kecil kita. Agar acara ulang tahun anak lebih meriah, tambahkan games ulang tahun anak, tetapi harus yang mengedukasi.

orang tua

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa